LOOP
LIFESTYLE & FASHION

Mengintip Tradisi Pernikahan di Korea Selatan yang Mengharuskan Pengantin Melewati 7 Tahap

Nggak cuma di Indonesia, prosesi pernikahan di Korea Selatan juga ada banyak tahapannya lho. Apa saja ya?

Mauliyana Puspa | 10 December 2020

Pernikahan merupakan momen yang sakral. Oleh karena itulah hampir setiap negara mempunyai tradisinya masing-masing dalam upacara pernikahan. Indonesia saja mempunyai banyak tradisi pernikahan lho. Adat Jawa dan Sunda saja memiliki perbedaan prosesi pada pernikahannya.

Nah, ternyata nggak hanya di Indonesia, Korea Selatan pun rupanya punya prosesi pernikahan yang cukup ribet. Prosesi yang dilakukan tentunya memiliki makna yang mendalam. Orang Korea menganggap pernikahan yang memakai prosesi adat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Penasaran kan, seperti apa sih prosesi pernikahan di Korea? Berikut ulasannya.

1. Penampilan Tarian Sebelum Menikah

Sumber : Wikipedia.org

Sebenarnya agak mirip dengan prosesi pernikahan di Indonesia. Tamu undangan disuguhkan penampilan tarian adat di acara pernikahan. Penampilan ini terdiri dari Samulnori. Ada juga tarian Buchaechom, yaitu tarian kipas yang dimainkan oleh para wanita.

2. Upacara Chin-young-rye

Sumber : thewedding.id

Urutan upacara ini adalah sang pengantin pria memasuki halaman rumah pengantin wanita dengan mengikuti girukabi atau orang yang membawa burung pernikahan. Burung ini merupakan bebek yang tubuhnya dibungkus dengan kain warna-warni. Girukabi ini nantinya akan diberikan oleh pengantin wanita.

Baca juga: Banyak Dinantikan, Inilah Daftar Makanan Wedding Favorit yang BIkin Ngiler!

3. Jeon-an-rye

Sumber : seoul-mate.com

Pada prosesi ini, sang pengantin pria meletakkan bebek di atas meja, setelah itu ia bersujud ke ibu mertua sebanyak dua kali. Ini merupakan sebuah bentuk penghormatan kepada ibu mertua.

4. Gyo bae-rye

Sumber : nationmultimedia.com

Nah, kalau prosesi jeon-an-rye sudah dilakukan, selanjutnya adalah prosesi gyo-bae-rye atau upacara menghadap satu sama lain. Pengantin pria berdiri di sebelah timur, kemudian pengantin wanita akan berjalan menghampiri dari arah barat.

Ada dua orang yang akan mendampingi pasangan pengantin. Setelahnya, pengiring akan mencuci tangan kedua mempelai. Kemudian pengantin pria dan pengantin wanita saling bersujud berhadapan sebanyak dua kali. Prosesi ini mempunyai makna sebuah janji dan komitmen yang dibentuk oleh pengantin.

5. Hap-geun-rye

Sumber : steemit.com

Minuman anggur dalam gayung labu akan tersaji dalam prosesi yang satu ini. Prosesi ini menyimbolkan bahwa setiap pasangan lahir secara terpisah, namun mereka bersatu dalam ikatan pernikahan.

6. Seong-hon-rye

Sumber : steemit.com

Prosesi ini dilakukan apabila pasangan sudah sah menjadi suami istri. Kedua mempelai melakukan prosesi seong-hon-rye atau memberi salam kepada pihak keluarga masing-masing dan juga tamu undangan.

7. Pyebaek

Sumber : flickr.com

Belum selesai sampai seong-hon-rye  saja lho, karena kedua pengantin harus melakukan upacara pyebaek. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua pengantin pria. Ibu mertua akan melemparkan buah jujube kepada pengantin wanita yang menjadi simbol agar pasangan pengantin mendapat keturunan yang banyak.

Gimana, nggak kalah ribet dengan prosesi yang ada di Indonesia kan?

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
1
KAGET
6
SEDIH
1
TAKUT
2
LUCU
5
SENANG
1
SUKA
8
TERINSPIRASI
5
Komentar
2
Screenshot 20190210 191818
Greentea Chan
16 February 2019
Sesuai dengan ilustrasi di drakor"nya
Screenshot 2019 02 15 00 50 59
Qomi
16 February 2019
Mirip2 lah sama indonesia