LOOP
TECHNO & GAMES

Antilemot! Ini Dia 7 Trik untuk Bikin Smartphone Android Kamu Makin Ngebut

Tujuh Tips Supaya Performa Smartphone Android Kamu Makin Ngebut!

Bayu Bahrul | 17 September 2020

Nggak bisa dimungkiri, hampir setiap orang di era modern ini memiliki smartphone. Tapi apa semua orang tahu cara efektif buat meningkatkan performa smartphone, khususnya Android? Hmm… nggak deh kayaknya.

Smartphone itu sama saja dengan alat elektronik lainnya: semakin sering dipakai, semakin lambat performanya. Apalagi kalau kamu keseringan mengisi memori internal dengan aplikasi, foto, dan video, makin lambat aja tuh performanya. Jadi, saat smartphone sudah mulai lambat, apa yang mesti dilakukan?

Nah, kali ini Loop pengin berbagi 7 tips untuk meningkatkan performa smartphone Android. Yuk, simak dan terapkan biar HP kesayangan kamu nggak cepat usang.

BACA JUGA: Tujuh Cara Edit Foto yang Simpel dan Nggak Ribet Bagi Pemula!

1. Memperbarui OS

Sumber: technext.ng

Nggak sedikit orang yang asal memakai smartphone tanpa mau update sistem operasinya. Padahal, dengan memperbarui OS, smartphone kamu jadi bisa mengakses fitur-fitur terbaru. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa dapetin update terbaru yang berguna untuk keamanan sistem smartphone.

2. Menghentikan Bloatware yang Tak Dipakai

Sumber: diginited.com

Bloatware atau aplikasi bawaan yang beroperasi di balik layar, seringkali nggak bisa dihapus kalau HP belum di-root. Tapi ada cara lain yang bisa kamu lakukan, misalnya, menghapus update-an aplikasi bawaan guna melegakan memori. Atau bisa juga menonaktifkan update otomatis dan menghentikan kinerja bloatware secara manual.

3. Melegakan Memori

Sumber: makeuseof.com

Seperti halnya komputer, kinerja HP kamu akan melambat jika terlalu banyak file yang berserakkan di memori internal. Selain itu, semakin banyak file, semakin sulit pula bagimu menemukan file penting di memori. Untungnya nggak sulit untuk menghapus file di smartphone Android. Kamu juga bisa mem-backup data atau memindahkannya di tempat lain.

4. Mengatur Autocorrect

Sumber: greenbot.com

Kesalahan ketik akibat autocorrect sering terjadi saat mengirim teks, email, dan pesan melalui smartphone. Jangan biarkan hal tersebut memperlambat kegiatanmu. Caranya, atur kamus autocorrect secara manual di menu settings. Cara lain yakni dengan memasang third-party keyboard yang lebih nyaman dipakai. Dengan begitu, kamu bisa hemat waktu dan nggak dibuat kesal karena typo saat menulis pesan.

5. Memperpanjang Ketahanan Baterai

Sumber: pcmag.com

Ada dua cara mudah agar baterai HP kamu tahan lama. Pertama, bawa charger portabel setiap saat. Kedua, matikan fitur yang tak terpakai, seperti Wi-fi, Bluetooth, dan deretan aplikasi yang bekerja di balik layar. Gunakan juga mode hemat daya yang diperkenalkan di Android Lollipop dan OS terbaru lainnya.

6. Gunakan Android Launcher

Sumber: fonegyaan.com

Launcher memungkinkanmu mengatur skema warna, aplikasi, dan mengubah ukuran elemen pada layar smartphone. Nah, jika ingin performa smartphone kamu tetap terjaga, sebisa mungkin jangan gunakan launcher yang aneh dan rumit, Loopers. Apalagi launcher yang nggak jelas asal usulnya.

BACA JUGA: Tujuh Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Android, Sudah Pasang Belum?

7. Perhatikan Keamanan Sistem Smartphone

Sumber: techlector.com

Sistem keamanan smartphone Android tergolong rentan, jadi penting bagimu untuk memperhatikan apa yang kamu klik saat berselancar di dunia maya. Sebaiknya jangan klik tautan atau buka lampiran dari pengirim yang nggak dikenal. Siapa tahu, link yang kamu klik mendatangkan virus. Virus dan malware bisa mengganggu performa smartphone dan bikin kinerjanya melamban. Satu hal lagi, pastikan juga perangkatmu selalu up-to-date dan memakai sistem keamanan terbaru.

Jangan lupa terapkan ketujuh tips di atas biar performa smartphone kamu stabil dan nggak gampang lemot. Semoga bermanfaat!

Percuma dong punya smartphone canggih dan mulus kalau internetnya masih lemot? Biar koneksi internet lancar, yuk aktifkan paket internet Loop! 

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
15
KAGET
11
SEDIH
9
TAKUT
9
LUCU
11
SENANG
13
SUKA
32
TERINSPIRASI
21
Komentar
4
Avatar
Admin
23 November 2020
terima kasih atas tipsnya
Avatar
Admin
12 October 2020
sipppp
Avatar
Admin
30 September 2020
io
Download
Riaddryl Sya'fa
22 January 2019
sepi