LOOP
DAILY LIFE

4 Tips Memelihara Kucing untuk Pemula

Cuma dasar-dasarnya aja sih, tapi justru 4 tahapan ini yang penting

Master Admin | 11 December 2020

Pasti banyak diantara kamu yang setuju kalau kucing adalah hewan yang menggemaskan. Saking menggemaskannya, sampai-sampai kamu pengin memeliharanya di rumah.

Tentunya nggak semua orang yang suka kucing tahu cara merawat kucing dengan baik. Merawat kucing itu sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung jenis kucing yang kamu pelihara. Tapi secara umum, ada beberapa perawatan yang wajib dilakukan supaya kucingmu sehat dan terhindar dari penyakit.

Tentu kamu nggak ingin kucing yang kamu rawat menderita, bukan? Oleh karena itu, sebagai majikan yang baik, kamu mesti tahu apa saja yang perlu dilakukan biar kucingmu tetap happy.

1. Sediakan Kandang atau Alas Tidur

Sumber: pixabay

Saat memelihara kucing, kamu bisa memilih untuk memberinya kandang atau tidak. Kalau kamu memilih opsi pertama, pilihlah kandang kucing yang agak besar agar si kucing lebih leluasa bergerak dan nggak gampang stres.

Kamu juga harus rutin membersihkan kandang kucing supaya nggak ada jamur, tungau, atau kotoran-kotoran lain yang bisa memengaruhi kesehatan kucing.

Kalau kamu nggak ingin menggunakan kandang, cukup berikan dia alas tidur yang empuk supaya nggak tidur di sembarang tempat. Pastikan juga alasnya selalu bersih, ya.

2. Bersihkan Gigi Kucing Secara Rutin

Sumber: pixabay

Karena kucing nggak bisa membersihkan giginya sendiri, maka itu adalah tugasmu sebagai majikan. Kamu bisa membeli pasta gigi khusus kucing dan sikat gigi yang berbulu lembut. Jangan sekali-kali pakai pasta gigi manusia yang mengandung flourida. Zat tersebut memang aman buat manusia tapi berbahaya bagi kucing.

Sikat gigi kucing dengan gerakan melingkar dari arah depan ke belakang. Lakukan secara perlahan dan berulang. Nggak usah cepat-cepat nyikatnya, yang penting gigi si kucing bersih dan terbebas dari bakteri dan plak.

3. Sisir Bulu Kucing

Sumber: pixabay

Meski kucing memiliki kebiasaan membersihkan bulu mereka sendiri, nggak ada salahnya kalau kamu bantu dia untuk membersihkannya juga. Sisirlah bulu menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis kucingmu.

Kalau kucingmu punya bulu panjang, kamu bisa menggunakan pin brush. Untuk bulu kucing yang pedek, coba gunakan slicker brush yang pipih. Khusus untuk anak kucing, gunakan sisir mini yang bergigi lembut supaya dia tetap merasa nyaman pas kamu menyisir bulunya.

4. Rawat Mata, Telinga, dan Kulit Kucing

Sumber: pixabay

Mata, telinga, dan kulit adalah tiga area yang rentan terkena infeksi dan jamur. Oleh karena itu, kamu harus rutin memeriksanya. Untuk mata, pastikan ukuran mata kucing normal dan nggak ada kotoran di mata. 

Kalau kucingmu terlalu sering menggoyangkan kepala atau menggaruk telinga, coba periksa telinganya. Rawat telinga kucingmu secara rutin supaya tetap bersih dan pastikan nggak ada bau yang menyengat.

Untuk area kulit, kamu harus rajin mengecek apakah ada kutu atau bekas luka. Kalau kucingmu terlalu sering menjilat dan menggaruk kulitnya, kemugkinan besar ada kutu atau jamur di kulitnya. Kalau kamu nggak tahu penyebabnya, coba bawa kucingmu ke dokter hewan untuk diperiksa.

Keempat tips di atas mungkin memang nggak bisa mencakup semua hal terkait cara memelihara kucing. Kalau kamu punya tips lain dan ingin membagikan tips tersebut, silakan tulis di kolom komentar ya.

Selain belajar merawat kucing, kamu juga bisa belajar banyak hal di Ilmupedia Online Class. Mulai dari mata pelajaran sekolah, karier, bisnis, sampai teknik pembuatan konten bisa kamu pelajari di ilmupedia. Nggak perlu daftar apalagi bayar, kamu hanya perlu menonton video untuk belajar hal baru. Klik banner di bawah untuk bergabung di Ilmupedia Online Class!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
7
KAGET
6
SEDIH
8
TAKUT
6
LUCU
12
SENANG
11
SUKA
16
TERINSPIRASI
14
Komentar
2
Avatar
Admin
24 December 2020
Semua orang udah tau kali
Avatar
Admin
18 December 2020
akan di coba... terimakasih.