LOOP
DAILY LIFE

7 Tips biar Kamu Bisa Langsung Direkrut Setelah Magang Kerja

Tujuh tips magang kerja supaya hasil kerja kerasmu nggak jadi sia-sia

Bayu Bahrul | 07 December 2020

Umumnya, mahasiswa bakal magang sesuai dengan jurusan yang diambil. Nggak cuma di tingkat mahasiswa, siswa SMK pun diwajibkan mengikuti magang sebagai syarat kelulusan. Pemagangan bakal jadi sarana penerapan ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah atau sekolah kejuruan. Di pemagangan pula, pemagang akan mengenal seluk beluk dunia kerja.

Apa kamu juga akan mengikuti magang? Kalau iya, ada baiknya kamu simak 7 tips magang kerja berikut ini. Siapa tahu dengan menerapkannya, kamu bakal direkrut langsung jadi pegawai di perusahaan tempatmu magang.

1. Selalu Disiplin

Sumber: hrexcellency.com

Pertama-tama, kamu harus membangun citra yang baik di lingkungan perusahaan. Kedisiplinan jadi faktor penting yang mesti kamu perhatikan, Loopers. Saat magang, usahakan selalu datang tepat waktu, lebih baik lagi jika kamu datang sebelum jam kerja. Dengan datang lebih awal, kamu bisa mempersiapkan segala keperluan sebelum memulai pekerjaan.  

2. Berpenampilan Rapi

Sumber: mudamudi.co.id

Jangan sepelekan cara berpakaianmu. Percaya nggak kalau sebagian besar pekerjaan menuntut kerapian penampilan? Faktanya memang seperti itu, jadi sebisa mungkin kamu harus selalu berpenampilan rapi.

Cara berpakaian bisa saja ditentukan oleh perusahaan. Tapi sebebas-bebasnya standar berpakaian, penampilan yang acak-acakan bisa bikin nilai magangmu buruk. Minimal hindari rambut gondrong, kaus, apalagi pakaian compang-camping.     

Yuk, belajar tips dan trik job interview di Ilmupedia Online Class!

3. Pahami Etika dunia Kerja

Sumber: esqire.co.id

Kalau kamu termasuk orang yang sering main HP, coba hindari kebiasaan itu di tempat magang. Sebagai pemagang, kamu harus menjunjung tinggi profesionalisme. Perhatikan pula aktivitas media sosialmu, jangan sampai ada hal negatif yang tercium perusahaan dan berkibat kamu diberhentikan dari magang. Sebaliknya, memahami etika kerja dan mematuhinya bakal mengantarkanmu pada keberhasilan.   

4. Ingat, Malu Bertanya Sesat di Jalan!

Sumber: persegroup.com

Jika ada hal yang tak kamu pahami tentang tugasmu, langsung saja tanyakan pada atasan. Nggak usah malu atau takut dimarahi karena keseringan bertanya. Malah, kalau kamu diam saja, bisa-bisa akan ada kesalahpahaman saat menjalankan tugas. Apalagi kalau akibatnya fatal, bisa berabe tuh.

Jadilah pemagang yang antusias mengembangkan kemampuan dengan bertanya. Anggap saja atasanmu sebagai guru yang ngasih ilmu untuk kelangsungan kariermu kelak.

5. Lebih Berani Mengambil Inisiatif

Sumber: naceweb.org

Meski berstatus pegawai magang, bukan berarti kamu nggak bisa berkontribusi banyak bagi perusahaan. Intinya, cobalah untuk bersikap lebih proaktif dalam menjalani pekerjaan. Misalnya dengan menyumbang ide dan masukan yang bagus, atau meminta evaluasi dan saran atas kinerjamu di perusahaan. Sikap positif seperti itu bakal jadi nilai tambah bagi masa magangmu.

6. Menjalin Hubungan Baik antar Pegawai

Sumber: cio.com

Jadilah pribadi yang menyenangkan dan mudah bergaul agar rekan-rekan kerja ingin berteman denganmu. Bukankah dengan memiliki banyak teman, masa pemaganganmu akan lebih berkesan? Kalau kamu pandai bergaul dan punya etos kerja yang baik, atasanmu nggak akan ragu merekrut kamu jadi pegawai.

BACA JUGA: Belajar jadi Makin Seru dengan 7 Layanan Bimbel Online Terbaik Ini!

7. Terus Meningkatkan Kualitas Kerja

Sumber: qerja.com

Di awal pemagangan mungkin kamu bakal merasa bersemangat. Tapi lama kelamaan kejenuhan akan rutinitas mulai muncul dan bisa berpengaruh pada kinerjamu. Jangan biarkan hal itu terjadi. Jauh lebih baik jika kualitas kerjamu meningkat hari demi hari, bukan malah naik turun karena terhambat rasa bosan. Cek kembali pekerjaanmu yang telah selesai agar kualitas kerjamu tetap terjaga.

Jika kamu menerapkan 7 tips di atas, perusahaan mungkin bakal langsung merekrut kamu jadi pegawai. Selain itu, kamu juga bakal dapet nilai magang yang bagus di sekolah atau perkuliahan. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman magangmu, ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
2
KAGET
2
SEDIH
1
TAKUT
2
LUCU
1
SENANG
15
SUKA
9
TERINSPIRASI
6
Komentar
0