LOOP
DAILY LIFE

Kamu Mahasiswa Baru? Ini 4 Tips Supaya Terbiasa Mengikuti Kuliah Online

Sudah terbiasa dengan kuliah online?

Master Admin | 04 December 2020

Saat menjadi mahasiswa baru, kamu harus pandai-pandai menyesuaikan diri karena proses pembelajaran kuliah berbeda dengan pembelajaran di SMA. Sebagai mahasiswa kamu dituntut lebih aktif di kelas. Selain itu, jam belajar mahasiswa juga lebih fleksibel sehingga kamu harus lebih pandai mengatur waktu.

Tapi, di masa pandemi seperti sekarang, proses perkuliahan sedikit berbeda. Kamu mungkin nggak bisa lagi berinteraksi langsung dengan dosen dan teman seangkatan. Oleh karena itu, jangan heran kalau suasana kuliah, setidaknya untuk sementara ini, menjadi lebih individualis dan kamu harus bisa lebih mandiri lagi dalam belajar.

Meski sudah belajar di rumah sejak awal pandemi, mungkin sebagian dari kamu ada yang masih kesulitan menghadapi kuliah online. Tapi, nggak perlu khawatir. Berikut ini 4 tips agar perkuliahanmu tetap berjalan lancar.

1. Jangan Hanya Mengandalkan Materi dari Dosen

Sumber: pxhere.com

Saat kuliah online, dosen biasaya akan memberikan file materi, baik dalam format PPT, PDF, atau buku elektronik lainnya. Meski materi yang diberikan dosen sebenarnya cukup lengkap, ada baiknya kamu juga mencari materi tambahan di internet.

Belum tentu dosen kamu bisa menyampaikan materi dengan jelas seperti saat bertatap muka secara langsung, bener nggak? Jadi nggak ada salahnya kalau kamu coba belajar lewat video di internet.

Kamu bisa coba mengikuti kelas online gratis di Ilmupedia lho. Koleksi video pembelajaran di Ilmupedia cukup beragam, dan kamu tinggal pilih materi mana yang sesuai sama jurusanmu. Untuk info selengkapnya, klik banner di bawah!

2. Mind Mapping

Sumber: commons.wikimedia.org

Siapa bilang mencatat itu nggak penting? Yup, salah satu cara biar kamu meyerap materi kuliah online adalah dengan mencatat. Catat hal-hal penting dari materi kuliahmu dan rangkai dengan bahasamu sendiri atau catat dengan pulpen warna warni agar lebih mudah dihafal dan dipahami saat kamu membacanya kembali. Proses belajar seperti ini disebut dengan mind mapping.

3. Perhatikan Deadline Tugas

Sumber: pxhere.com

Saat kuliah online, dosen biasanya memberi tugas dengan sistem take home. Kamu mungkin merasa senang nggak harus ngerjain tugas di ruangan kuliah seperti biasa. Tapi, jangan anggap remeh tugas take home yang diberikan dosen.

Percaya atau nggak, menunda-nunda tugas bisa menimbulkan masalah yang nggak terduga saat kuliah online. Misalnya, gadget eror, baterai habis, dan koneksi internet yang tiba-tiba putus. Untuk terhindar dari masalah-masalah teknis tersebut, usahakan jangan mengerjakan tugas saat injury time (mepet deadline).

Simak juga: 5 Tips Membangun Personal Branding ala Raden Rauf

4. Belajar Online Bersama

Sumber: pixabay.com

Saat ikut kelas online, kamu mungkin agak ragu mengobrol atau bahkan sekadar menyapa teman sekelas. Apalagi kalau kamu pemalu.

Tapi tenang aja. Kamu bisa minta ketua kelas atau mahasiswa yang paling aktif di kelasmu untuk membuka kelas online lewat video conference di mana kalian bisa berkenalan dan belajar bersama tanpa kehadiran dosen. Kayak belajar kelompok gitu, tapi via online.

Pengin coba buka kelas online sendiri? Kamu bisa melakukannya dengan mudah di Ilmupedia Online Class. Klik banner di bawah untuk info selengkapnya dan jangan lupa ajak temanmu juga untuk bergabung ya!

Semoga 4 tips di atas bermanfaat untuk kamu yang masih belum terbiasa dengan kuliah online. Tetap sehat dan tetap semangat ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
1
SEDIH
0
TAKUT
0
LUCU
0
SENANG
1
SUKA
6
TERINSPIRASI
3
Komentar
0