LOOP
DAILY LIFE

7 Tips Hemat ala Anak Kost Sejati, Kamu Begini Nggak?

Jadi anak kost itu harus pandai berhemat, lho. Yuk simak tujuh tips ini!

Bayu Bahrul | 31 December 2020

Anak kost seringkali memasang target hidup hemat agar bisa menabung untuk keperluan mendadak. Meski demikian, hidup hemat itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi tenang, ternyata ada beberapa cara berhemat ala anak kost yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak tujuh tips berhemat ala anak kost.

1. Pilih Tempat Makan Murah Meriah

Sumber: merahputih.com

Pertama, jika kamu mau berhemat, coba pilih tempat makan yang murah meriah tapi tetap perhatikan gizi makanannya. Redam nafsu menyantap makanan lezat di restoran mahal atau kekinian. Ingat, kantong mahasiswa jangan disamakan dengan kantong pejabat. Yaa, kecuali kalau kamu anak pejabat atau pengusaha kaya raya. Berhematlah dengan makan di kedai pinggir jalan, warteg. Atau kalau bisa, masak sendiri deh.

2. Bikin Daftar Pengeluaran

Sumber: jotform.com

Kalau kamu sulit mengontrol pengeluaran a.k.a boros, coba buat daftar pengeluaran per hari atau per bulan. Dari situ kamu bisa lihat terlalu jumlah pengeluaranmu. Selain itu, dengan membuat daftar, kamu bisa memantau apa saja yang bikin uangmu cepat habis. Ya, kalau nggak penting-penting amat, mending nggak usah dibela-belain dehSayang kan uangnya.

3. Kumpulkan Uang Receh

Sumber: regional.kompas.com

Jangan sepelekan uang receh. Jika kamu mengumpulkannya sedikit demi sedikit, lama-lama bakal jadi bukit. Pada umumnya orang-orang lebih sering membelanjakan uang kertas dibanding koin. Kalau kamu malas bawa recehan, simpan saja di toples, lalu kumpulkan sampai banyak. Siapa tahu pas kamu lagi kena krisis moneter, uang receh bisa membantu.

4. Menghindar dari Kegiatan yang Kurang Penting

Sumber: groupon.com

Ini dia prinsip hidup hemat yang perlu kamu terapkan sebagai anak kost. Bolehlah sekali-kali nonton ke bioskop, karaoke, dan makan di restoran mewah bareng teman. Tapi jangan keseringan. Kecuali kalau kamu anak pejabat atau pengusaha kaya raya.

5. Kerja Paruh Waktu

Sumber: agenpendidikan123.com

Cara ini nggak cuma ngebantu kamu untuk hemat, tapi juga bantu mensejahterakan rekening bank kamu. Bekerja paruh waktu juga menghindarkanmu dari kegiatan nggak penting yang menguras isi dompet. Mending nyari uang daripada habisin uang.

6. Bawa Air Mineral

Sumber: hallosehat.com

Kamu termasuk anak kost yang suka bawa botol minum atau beli minuman kemasan? Kalau di kosanmu ada galon air mineral, coba isi botol minuman sebelum berangkat kuliah. Cara itu lebih hemat daripada beli minuman kemasan berkali-kali waktu ada kegiatan di kampus.

7. Jangan Malas Cuci Pakaian Sendiri

Sumber: silviananoerita.com

Biasanya anak kost malas banget cuci baju sendiri, apalagi laki-laki nih. Daripada harus ngeluarin uang buat jasa laundry, lebih baik kamu cuci sendiri deh baju kotor kamu. Supaya nggak malas nyuci banyak-banyak, coba nyucinya dicicil, misalnya setiap kamu mandi. Lumayan kan, ngehemat puluhan ribu rupiah yang biasanya dipakai buat nge-laundry baju kotor.

Apa kamu sudah pernah menjajal ketujuh tips di atas? Jadi anak kost itu memang harus pandai berhemat biar nggak terlalu membebani orang tua. Semoga bermanfaat!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
30
KAGET
36
SEDIH
31
TAKUT
29
LUCU
31
SENANG
62
SUKA
95
TERINSPIRASI
142
Komentar
115
Avatar
Admin
13 October 2022
sedih tapi senang baca
Avatar
Admin
08 October 2022
Ok
Avatar
Admin
04 October 2022
iya
Avatar
Admin
17 April 2022
lucu
Avatar
Admin
09 April 2022
ok
Avatar
Admin
18 March 2022
ok
Avatar
Admin
12 February 2022
flm
Avatar
Admin
21 January 2022
ok
Avatar
Admin
31 December 2021
Ok
Avatar
Admin
27 December 2021
Ok