LOOP
DAILY LIFE

5 Hal yang Harus Kamu Ingat kalau Mau Olahraga di Musim Hujan

Pengin badan tetap bugar di musim hujan? Ikuti 5 tips berolahraga ini

Bayu Bahrul | 11 December 2020

Di musim hujan, biasanya orang-orang jadi malas berolahraga. Apa kamu termasuk salah satunya? Sebisa mungkin, jangan jadikan hujan sebagai alasan kamu untuk absen berolahraga. Memang, cuaca dingin dan jalanan yang basah bisa jadi penghambat saat kamu berolahraga. Apalagi kalau sampai kehujanan, bisa-bisa akhirnya kamu malah terserang flu.

Tapi ternyata, ada tips aman untuk berolahraga di musim hujan. Buat kamu yang tetap pengin rutin berolahraga di musim hujan, yuk simak 5 tips berikut ini!

BACA JUGA: Inilah 7 Rekor dan Statistik yang Tercipta di Babak Gugur Europa League

1. Lakukan Pemanasan di Dalam Ruangan

Sumber: azumio.com

Setiap mau berolahraga, kamu nggak boleh melewatkan pemanasan. Pemanasan penting dilakukan guna mengurangi risiko cedera. Coba lakukan pemanasan sekitar 15 menit di dalam ruangan sampai suhu badan meningkat, kemudian disusul dengan gerakan peregangan. 

2. Pakai Pakaian Berlapis

Sumber: minneapolisrunning.com

Mengutip dari laman Hallosehatjika ingin berolahraga di musim hujan, gunakan pakaian berlapis. Kamu bisa gunakan pakaian berbahan sintetis yang dilapisi dengan jaket tebal. Pastikan jaketnya bisa menahan terpaan angin dan air hujan.

Selain itu perhatikan pula ketebalan pakaianmu. Pakaian yang terlalu tebal bakal bikin kamu berkeringat lebih banyak. Nantinya kamu malah menggigil kedinginan.

3. Tetap Minum Meski Udara Terasa Dingin

Sumber: cosmotales.com

Suhu yang dingin saat berolahraga bisa membuatmu jadi tak merasa haus. Tapi. jangan sampai tertipu oleh cuaca dingin. Kamu tetap wajib minum agar cairan tubuh yang hilang bisa diperbarui. Dengan begitu kamu pun bakal terhindar dari dehidrasi.

4. Memakai Sarung Tangan dan Topi

Sumber: pinterest.com

Supaya bisa bertahan dari cuaca dingin, tubuh kamu akan memusatkan aliran darah ke inti badan. Hal itu membuat bagian ujung tubuh, seperti tangan, kepala, dan kaki, rentan kedinginan. Oleh karena itu jangan lupa menggunakan topi dan sarung tangan saat berolahraga di musim hujan.

BACA JUGA: Meski Sudah Tua, 7 Pesepakbola Top Dunia Ini Masih Jago Lho!

5. Tetap Lakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Sumber: shape.com.sg

Setelah olahraga saat cuaca sedang ektrem, kemungkinan besar kamu akan merasa kedinginan. Tapi tetap saja, kamu wajib lakukan pendinginan usai berolahraga. Luangkan 5-10 menit untuk pendinginan. Caranya bisa dengan jalan santai atau dengan gerakan-gerakan pendinginan. Tujuannya supaya otot yang kaku dan panas jadi pulih kembali.  

Olahraga itu penting. Makanya, jangan jadikan musim hujan sebagai alasan untuk absen berolahraga. Kira-kira olahraga jenis apa yang sering kamu lakukan di musim hujan, nih? Jangan lupa share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
5
SEDIH
2
TAKUT
2
LUCU
3
SENANG
8
SUKA
8
TERINSPIRASI
3
Komentar
0