LOOP
LIFESTYLE & FASHION

7 Tempat Wisata yang Pernah dan Masih Melarang Wanita Masuk ke Dalamnya

Hati-hati, wanita jangan sampai masuk ke tujuh tempat wisata ini. Dimana saja tuh?

Mauliyana Puspa | 04 November 2020

Sudah punya rencana liburan di weekend ini, Loopers? Seru ya jalan-jalan ke tempat wisata yang populer. Tapi ternyata nggak setiap tempat wisata bisa didatangi semua orang lho. Ada beberapa destinasi yang mungkin cukup diskriminatif dengan beragam alasan. Berikut ini Loop kasih tahu tempat wisata terlarang buat wanita. Di mana saja ya?

1. Masjid Haji Ali Dargah, India

Sumber : The Guardian

Namanya tempat ibadah seharusnya sah saja ya kalau wanita mau masuk. Tapi tidak berlaku buat masjid satu ini. Bukannya nggak boleh sama sekali lho, hanya saja dilarang untuk masuk kawasan makam suci di dalamnya. Karena berdasarkan kepercayaan lokal, kehadiran wanita di makam pria muslim yang suci itu dosa besar.

Namun, larangan tersebut sudah dicabut di tahun 2016 berkat tuntutan masyarakat soal kesetaraan gender.

2. Gunung Omine, Jepang

Sumber : Critical Thinking

Gunung Omine bagi umat Shinto merupakan tempat yang suci sehingga nggak sembarang orang boleh masuk, terlebih wanita. Daerah yang tidak boleh dimasuki wanita bernama Nara. Tapi beberapa daerah lainnya wanita boleh masuk kok.

3. Gunung Athos, Yunani

Sumber : The Tablet

Bukan hanya perempuan saja yang nggak boleh masuk ke gunung ini, tapi hewan pun nggak boleh ke area gunung lho. Gunung tersebut merupakan tempat pertapaan bagi dua ribu biksu dan bagian dari 20 biara Ortodoks Timur, sehingga kehadiran wanita dianggap mengganggu pertapaan.

Baca juga: 10 Potret Cantik Para Artis dengan Baju Cheongsam, Inspirasi OOTD Imlek Nih

4. Kuil Sabarimala, India

Sumber : Matters India

Salah satu tempat ibadah umat Hindu ini juga terlarang untuk wanita. Karena wanita yang berumur 10 hingga 50 tahun dianggap tidak suci karena masih menstruasi. Jadi, hanya wanita yang sudah menopause saja yang diperbolehkan masuk.

5. Galaxy Water Park, Jerman

Sumber : Wiegand-Maelzer

Sebenarnya wanita masih boleh masuk ke Galaxy Water Park. Namun ada permainan yang dilarang untuk wanita, yaitu X-Treme Faser. Alasan keamanan yang melarang wanita untuk masuk ke wahana ini, karena banyak pengunjung wanita yang mengalami cedera serius di organ intimnya. Ngeri juga wahananya!

6. Stadion Sepak Bola, Iran

Sumber : ESPN

Di Iran melarang wanita untuk menonton langsung pertandingan sepak bola di stadion. Larangan ini terjadi sejak Revolusi Islam pada 1979. Bukan hanya menonton sepak bola saja, namun pria dan wanita dilarang mengikuti kegiatan bersama.

Kondisi mulai berubah sejak Oktober 2019. Saat itu, untuk pertama kalinya perempuan diperbolehkan menonton sepak bola di stadion.

7. Pantai Pandawa, Bali

Sumber : Framepool Stock Footage

Selain sebuah pura, ada juga pantai di Bali yang terlarang untuk wanita. Namun hanya wanita haid saja yang dilarang masuk ke Pantai Pandawa, karena dianggap kotor. Pantai ini memang terkenal sering diadakan upacara keagamaan yang dianggap suci. Tapi wanita yang haid masih bisa kok main di pinggir pantai. Hanya saja mereka tidak boleh masuk ke air.

Mau cari informasi unik lainnya, Loopers? Jangan lupa beli paket data Loop ya.

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
4
KAGET
4
SEDIH
8
TAKUT
8
LUCU
5
SENANG
6
SUKA
7
TERINSPIRASI
11
Komentar
0