LOOP
DAILY LIFE

Penjelasan Dibalik Warna Seragam Sekolah Indonesia yang Setiap Hari Kamu Pakai

Makna dan sejarah singkat di balik warna seragam sekolah Indonesia.

Bayu Bahrul | 17 November 2018

“Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah.”

Sepenggal lirik lagu di atas pasti gak asing lagi di telinga Loopers. Dan memang benar adanya, masa sekolah adalah masa di mana kita belajar berbagai macam hal di kehidupan. Gak melulu soal pelajaran, sekolah mengajari kita cara bersosialisasi dengan baik, menjalin pertemanan, mengasah kreativitas, bahkan ngedeketin gebetan. Coba lihat kembali seragam sekolah yang kalian simpan, pasti bakal teringat kenangan masa lalu, bukti kalau masa sekolah itu indah.

Well, omong-omong seragam sekolah, kita tahu kalau anak sekolah Indonesia wajib mengenakan seragam sesuai tingkat pendidikan. Tiap tingkat punya warna seragam yang berbeda, merah putih untuk SD, biru putih untuk SMP, dan putih abu-abu untuk jenjang SMA. Tapi, apa Loopers pernah bertanya, sebenarnya apa sih makna dari warna seragam sekolah?

Sebelum berlanjut membahas arti seragam sekolah, ada baiknya kita tahu sejarah singkat seragam sekolah Indonesia nih, Loopers. Usut punya usut, anak sekolah Indonesia mulai mengenakan seragam sejak zaman penjajahan Jepang. Tapi waktu itu, pihak berwenang belum menetapkan pemishan warna seragam di tiap jenjang pendidikan. Tujuan penggunan seragam sekolah dari dulu sampai sekarang yakni sebagai simbol kesetaran sosial bagi seluruh siswa.

Barulah pada tanggal 17 Maret 1982 di pemerintahan Soeharto, kebijakan pemisahan warna seragam mulai ditetapkan. Ketetapan tersebut tercatat di Surat Keputusan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52. Pencetusnya yakni Bapak Idik Sulaiman yang saat itu menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sekarang pertanyaannya, apa makna di balik warna seragam yang sudah ditapkan, ya? Mengapa warna yang dipilih putih, merah, biru, dan abu-abu, bukan hijau, kuning atau ungu?

Sumber: majalahkartini.co.id

Pertama-tama kita mulai dari tingkat pendidikan dasar, yaitu SD. Nah, warna merah di seragam SD ternyata melambangkan antusiasme dan semangat yang tinggi, Loopers. Karakter anak SD (usia 6-12 tahun) yang ceria, pada dasarnya punya rasa ingin tahu yang tinggi akan berbagai macam hal. Oleh karena itu, warna merah melambangkan semangat keingintahuan mereka.

Sumber: tarsisius1.sch.id

Seragam Sekolah Menengah Pertama berwarna putih dan biru tua. Biru tua dipilih karena menyimbolkan sifat percaya diri dan mandiri. Di tingkat SMP, siswa telah memasuki usia remaja di mana mereka harus mulai belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan baik, dan melatih kemandirian. Tak seperti SD, siswa-siswi SMP mulai dituntut untuk tak lagi bergantung pada orang lain, alias gak boleh manja!

Sumber: inovasee.com

Putih-abu dipilih sebagai warna seragam SMA karena mencerminkan kedewasaan dan ketenangan. Inilah tahap di mana siswa mulai mengenal lebih dalam lagi tentang diri mereka dan mencari jati diri. Sudah semestinya anak SMA tenang dalam bertindak dan menunjukkan kedewasaannya saat mengambil keputusan. Kalau masih tawuran dan bikin onar, apa gak malu tuh sama seragamnya?

Itulah makna di balik warna seragam sekolah Indonesia Loopers. Sudah sepatutnya kita tahu artii warna seragam Indonesia, jangan cuma asal pakai saja. Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu dan jangan lupa juga aktifkan paket internet Loop, ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
0
SEDIH
0
TAKUT
0
LUCU
0
SENANG
0
SUKA
2
TERINSPIRASI
1
Komentar
0