LOOP
DAILY LIFE

Sejarah Homeschooling, Sistem Pendidikan yang jadi Pilihan Alternatif Masyarakat Modern

Kamu termasuk siswa homeschooling? Wajib tahu sejarah singkat dan asal-usul homeschooling. Cek selengkapnya di sini!

Bayu Bahrul | 09 March 2020

Homeschooling merupakan metode pendidikan alternatif yang kian diminati masyarakat seiring berkembangnya zaman. Seperti namanya, proses belajar homeschooling biasanya dilakukan di rumah, bukan di tempat pendidikan formal seperti sekolah. Tapi, tak menutup kemungkinan kegiatan homeschooling di lakukan di tempat lain yang mengedepankan kenyamanan dan kesenangan seperti berada di rumah. Homeschooling memiliki sejarah yang tergolong muda jika dibandingkan dengan asal-usul pendidikan formal yang lahir pada zaman kuno.

Sumber: alchetron.com

Usut punya usut, sistem pendidikan alternatif homeschooling berawal dari keresahan seorang pendidik dan penulis asal Amerika Serikat, John Caldwell Holt. Sepanjang kariernya di bidang pendidikan, Holt dihantui keprihatinan akan sistem pendidikan di tempat dia mengajar. Menurut Holt, kegagalan akademis pada siswa tak ditentukan oleh kurangnya usaha pada sistem sekolah, tapi disebabkan oleh sistem sekolah itu sendiri. Merasa ada yang salah pada sistem sekolah, di tahun 1960-an Holt mengembangkan metode pendidikan yang kini dikenal dengan istilah homeschooling.

Tujuannya tak lain untuk memberikan siswa keleluasaan lebih dalam pendidikan dan membebaskan mereka dari cara berpikir instruktif yang dikembangkan melalui sekolah. Hal itu tercermin dari kutipan buku Holt berjudul How Children Fail (1964):

“Manusia pada dasarnya makhluk belajar dan senang belajar; kita tidak perlu ditunjukkan bagaimana cara belajar. Yang membunuh kesenangan belajar adalah orang-orang yang berusaha menyelak, mengatur, atau mengontrolnya.”

Holt meyakini lingkungan belajar yang luas dan menarik akan membuat siswa siap untuk belajar. Siswa tak perlu disuruh atau dipaksa belajar karena secara naluriah, mereka akan tetap melakukannya. Syaratnya, siswa diberi kebebasan mengikuti kepentingan mereka sendiri dengan berbagai macam sarana dan sumber belajar.

Sumber: bintangmulia.org

Konsep pendidikan John Caldwell Holt nyatanya disambut baik oleh masyarakat Eropa, dan mengalami perkembangan dari masa ke masa. Homeschooling jadi pilihan alternatif sebagian masyarakat yang menemukan kekakuan dalam sistem pendidikan formal.

Tak dimungkiri, orangtua jadi faktor penentu pendidikan anak. Jika orangtua memilih homeschooling, mereka dapat mengajari anaknya sendiri di rumah. Tapi konsep pendidikan ini layak dipilih jika orangtua sanggup menyusun dan menerapkan kurikulum pendidikan pada anak. Cara lain yakni menggunakan jasa guru privat agar anak memeroleh pendidikan yang semestinya.

BACA JUGA: Jangan Lakukan 5 Hal ini Jika Kamu Ingin Segera Menikah

Tapi di zaman sekarang, sepertinya orangtua tak perlu lagi repot-repot memikirkan metode homeschooling yang tepat bagi anak. Pasalnya, telah banyak berdiri lembaga pendidikan bernuansa homeschooling yang memberikan kesenangan dan kenyamanan lebih dalam belajar. Kalau kamu termasuk siswa mana nih? Sekolah formal, atau homeschooling?

Belajar lewat internet makin asyik jika kamu pakai layanan yang tepat. Yuk, aktifkan dulu paket data Loop di sini!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
0
SEDIH
1
TAKUT
1
LUCU
1
SENANG
3
SUKA
2
TERINSPIRASI
0
Komentar
0