LOOP

TECHNO & GAMES

Sejarah Penemuan GPS, Teknologi Navigasi Berbasis Satelit yang Sangat Berguna

Jangan cuma asal pakai saja, kamu juga perlu tahu dong sejarah teknologi GPS

Bayu Bahrul | 11 December 2020

Seperti yang diketahui, Global Positioning System (GPS) adalah teknologi yang memudahkan kita bernavigasi saat berkendara. Di awal perkembangannya, teknologi GPS digunakan untuk sistem navigasi global kendaraan militer, baik darat maupun udara. Sementara penggunaan GPS bagi warga sipil kala itu masih terbatas. Tapi kini, teknologi GPS bisa dipakai semua orang yang memiliki smartphone dan koneksi internet. Tahu ojek online kan? Nah, mungkin tanpa adanya GPS kamu nggak bisa menggunakan layanan ojol yang praktis dan ekonomis seperti saat ini. Meski GPS terbilang cukup berpengaruh bagi keseharian manusia, nggak semua orang tahu sejarahnya.

BACA JUGA: Tujuh Isi Chat Paling Mainstream yang Sering Dikirim ke Gebetan, Kamu Kayak Gini Nggak?

Cikal bakal GPS diawali oleh penemuan para ilmuwan Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. Di tahun 1957, ilmuwan MIT menemukan frekuensi sinyal radio satelit Sputnik Rusia yang naik turun saat mendekat dan menjauh. Efeknya sama seperti mendengar suara klakson yang berubah seiring mobil melaju.

Penemuan tersebut menghasilkan gagasan besar. Satelit dapat dilacak dari darat dengan mengukur frekuensi sinyal radio yang mereka pancarkan. Sebaliknya, lokasi penerima di darat dapat dilacak berdasarkan jarak dari satelit. Dari situlah muncul ide untuk menciptakan sistem navigasi berbasis sinyal satelit yang kita sebut dengan GPS.

Sumber: extremetech.com

Sistem navigasi GPS pertama kali dirancang pada tahun 1970 oleh Departemen Pertahanan Militer Amerika Serikat. Sebelum GPS diciptakan, militer Amerika telah memiliki beberapa jenis sistem navigasi, di antaranya LORAN (Long Range Radio Navigation), VOR (VHF Omni-directional Radio) dan OMEGA. Tapi keakuratan sistem navigasi tersebut masih lemah dan tak mampu menjangkau skala global. Oleh karenanya, penemuan GPS adalah terobosan baru dan termutakhir dalam sistem navigasi militer.

Di tahun 1974, satelit GPS pertama diluncurkan di Amerika, disusul oleh beberapa satelit di tahun-tahun berikutnya. Semua satelit yang diluncurkan ke angkasa membentuk konstelasi yang menjangkau segala penjuru. Barulah di tahun 1994, para ilmuwan mengumumkan sistem GPS telah dapat beroperasi sepenuhnya.

Sosok yang paling berpengaruh dalam penemuan teknologi GPS adalah Ivan Getting, salah satu ilmuwan MIT. Getting memiliki konsep dan gagasan besar tentang pemanfaatan sinyal radio yang dipancarkan satelit Sputnik. Alhasil saat dia mengusulkan rancangan sistem GPS, pemerintah Amerika bersedia menggelontorkan dana besar untuk membangun sistem GPS.

Sumber: news.ralali.com

Di bawah arahan Dr. Getting pula, insinyur dan ilmuwan Aerospace mempelajari penggunaan satelit sebagai dasar sistem navigasi untuk kendaraan yang bergerak cepat dalam gambaran tiga dimensi, yang pada akhirnya mengembangkan konsep yang penting bagi teknologi GPS.

Di tahun 1999, perusahaan ponsel Benefon meluncurkan ponsel pertama yang dilengkapi layanan GPS komersil, ponsel tersebut dijuluki Benefon Esc.

Itulah sejarah teknologi GPS yang nggak banyak diketahui para pengguna smartphone zaman now. Kamu yang sehari-hari menggunakan jasa ojek online pasti bersyukur banget kan teknologi GPS pernah ditemukan? Share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
3
KAGET
8
SEDIH
7
TAKUT
7
LUCU
7
SENANG
20
SUKA
27
TERINSPIRASI
26
Komentar
9
Avatar
Admin
20 April 2021
slmt berpuasa dan senasib yg g pnya kuota
Avatar
Admin
22 January 2021
kenapa sih orang indo tuh gapunya etitud dalam berkomentar
Avatar
Admin
26 December 2020
Yang dirahmati allah,yang berkuasa.
Avatar
Admin
24 December 2020
Avatar
Admin
24 December 2020
Oh
Profile friends default
anonymous
14 December 2020
YessL
Profile friends default
anonymous
14 December 2020
Yess
Download
Riaddryl Sya'fa
17 February 2019
Sempak lo 5 tahun yang lalu...
Img 20150819 135842
Andi Freeman
17 February 2019
GPS sangat diperlukan mulai 5thn lalu