LOOP

Content Creator

7 Risiko Menjadi YouTuber, Pemula Mesti Paham Soal Ini

Yakin sudah siap menjadi YouTuber seperti Atta atau Ria Ricis? Kenali dulu 7 resiko jadi YouTuber berikut ini ya!

Rahelia Peni Lestari | 07 December 2020

Menjadi YouTuber kini menjadi satu mimpi besar banyak anak muda. Iming-iming kepopuleran, bergelimang harta dan segala kemudahannya membuat semua orang berlomba-lomba menjadi bintang semalam seperti mereka. Namun apakah kamu tahu resikonya jadi YouTuber? Ini dia 7 resiko jadi YouTuber yang mesti kamu perhitungkan sebelum menyelami karir yang satu ini!

1. Bisa Membuatmu Mengorbankan Pekerjaan atau Kesibukanmu

Sumber: pexels.com

Demi menjadi seorang YouTuber, kamu harus menghabiskan waktu untuk membuat riset, merekam gambar, mengedit dan mengunggahnya ke YouTube. Sering kali, YouTuber ini bahkan harus keluar dari pekerjaannya bahkan pendidikannya. Mungkin kamu berpikir bahwa mereka pasti sudah memiliki pendapatan yang besar. Padahal, ngga selamanya seperti itu lho!

2. Bisa Menjadi Efek Negatif Ketika Kamu Mau Mencari Pekerjaan

Sumber: pexels.com

Jadi YouTuber bisa jadi hal yang positif bagi banyak orang dan bisa membuat mereka terkesan. Walaupun ngga selamanya begitu lho. Bisa saja perusahaan tempat kamu mendaftar ngga suka dengan kelakuanmu yang membawa semua hal lewat publik. Meski mungkin ngga ada di dalam kontrak, ada saja orang yang ngga suka dengan orang lain yang terkenal bekerja dengan mereka.

3. Tidak Bisa Diterima Semua Orang

Sumber: pexels.com

Jika kamu khawatir dengan apa kata orang, jadi YouTuber bisa jadi karir yang sulit buatmu. Hal ini bahkan termasuk juga dari orang tua, keluarga atau teman terdekatmu. Mereka bisa jadi ngga mengerti pilihan pekerjaanmu, atau sederhananya ngga nerima hal itu sebagai pekerjaanmu.

4. Sulit Dijelaskan

Sumber: pexels.com

Kalo kamu kerja di Bank, atau jadi guru, kecil kemungkinan orang bakal bingung. Tapi kalo kamu punya kerjaan sebagai content creator atau YouTuber, mereka pasti bakalan penasaran dan bertanya hal apa sih itu. Jadi siap-siap saja untuk terus menjelaskan buat mereka yang belum paham.

5. Nggak Bisa Sukses Semalam

Sumber: pexels.com

Ngga ada yang menjanjikan kapan kamu bisa sukses sebagai seorang YouTuber. Ada otang yang bisa mendapatkan pendapatan setelah bertahun-tahun, ada yang berbulan-bulan, ada yang gagal sama sekali. Jangan sampai kamu menggantungkan semua harapan dan usaha kamu menjadi YouTuber jika kamu ngga punya modal hidup dan usaha ya!

6. Penuh dengan Kritik

Sumber: pexels.com

Jika kamu jadi YouTuber, kamu harus menyiapkan dirimu sendiri untuk dikritik orang. Bahkan orang yang ngga pedulian sekalipun pasti sedikit banyak akan terpengaruh. Bayangkan saja seperti saat kamu masuk kelas dan berusaha jadi orang paling kreatif, pasti ada saja orang yang mengkritik usahamu. Jika kamu ngga kuat dikritik, lebih baik coba cari area karir lain deh!

7. Kehilangan Privasi

Sumber: pexels.com

Kamu mungkin berpikir bahwa tidak apa-apa kok membagikan sebagian dari dirimu pada publik. Tapi sayangnya, kamu juga harus bersiap-siap dengan privasimu yang bisa berkurang. Bisa saja suatu saat kamu ditanya orang tentang kehidupan pribadimu, kehidupan cintamu, hingga hal pribadi lainnya yang bisa membuatmu ngga nyaman.

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

 

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
9
KAGET
19
SEDIH
22
TAKUT
26
LUCU
14
SENANG
17
SUKA
28
TERINSPIRASI
47
Komentar
25
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati
Avatar
Admin
08 March 2021
yaoutub tetep di hati