LOOP
DAILY LIFE

5 Jenis Ras Kucing yang Paling Populer di Dunia, Ada Piaraanmu?

Dari sekian banyak jenis kucing, ras mana ya yang paling disuka? Berikut ini ras kucing paling populer di dunia!

Rahelia Peni Lestari | 29 December 2020

Kucing biasanya dikategorikan dalam dua jenis, domestik dan ras. Kucing domestik biasanya tidak memiliki sertifikat yang menyatakan garis keturunan kucing, sementara kucing ras asli biasanya memiliki sertifikatnya. Ada tiga asosiasi yang mengakui keturunan murni kucing, Asosiasi Fancier Kucing (AFK), Asosiasi Kucing Internasional (AKI), dan Federasi Feline Internasional (FFI). AFK mengakui 44 jenis ras kucing, AKI 58 ras, dan FFI mengakui adanya 43 ras kucing.

Tapi dari sekian banyak ras, apa sih ras kucing paling populer di dunia? Yuk, kita lihat beberapa di antaranya.

1. Siamese / Kucing Siam

Sumber: thecornervet.com

Kucing siam mulai populer sejak abad ke-19. Asal muasal ras kucing ini berasal dari Thailand. Kucing siam membantu membuat banyak jenis kucing lainnya seperti Oriental Shorthair, Sphynx, dan Himalaya.

Kucing Siam memiliki tanda di area mata, telinga, kaki dan ekor, meskipun nggak semua kucing siam memiliki tanda ini. Dari dua jenis kucing siam, ada yang memiliki bentuk kepala mirip buah apel dengan tubuh yang bontot, ada yang punya kepala besar dengan badan langsing.

2. Persian / Kucing Persia

Sumber: thehappycatsite.com

Kucing ini dikenal karena wajahnya yang pesek. Kucing Persia memiliki bulu yang cantik dan panjang. Wajah mereka pun datar jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya.

Beberapa asosiasi bahkan menyatakan bahwa kucing Persia harus memiliki hidung yang tidak melebihi mancung wajahnya. Jika kamu memiliki kucing Persia, maka kamu harus rajin menyisir bulunya. Jika tidak, bulunya bisa jadi gimbal. Kucing ini juga terkenal karena sering dijadikan tokoh hewan dalam film dan kartun.

3. Maine Coon

Sumber: i.pinimg.com

Kucing ini dikenal sebagai salah satu kucing peliharaan yang paling besar. Kucing ini berasal dari Amerika dan mulai terkenal sejak tahun 1970. Kucing Maine Coon memiliki jari kaki yang lebih banyak lho, yang disebut polydactylism, yang membuat kaki mereka tampak lebih besar. Warna Maine Coon biasanya belang cokelat, tapi bisa juga warna lainnya.

4. Ragdoll

Sumber: i.ytimg.com

Kucing Ragdoll (boneka) mendapatkan namanya karena perangainya yang imut dan pendiam. Mereka biasanya diam ketika sedang digendong, seperti boneka kain. Bahkan ada mitos menyatakan bahwa kucing ini nggak bisa merasakan sakit. Kucing ragdoll memiliki bulu yang lebat seperti kucing Siam dengan tanda di wajah mereka. Mereka juga memiliki mata biru dan senang mengikuti pemiliknya di rumah.

5. Bengal – Kucing Benggala

Sumber: thehappycatsite.com

Kucing Benggala adalah kucing yang terlihat seperti kucing liar dan eksotis. Mereka memiliki pola bulu yang membuat mereka seperti kucing hutan. Tapi mereka tetaplah kucing peliharaan yang imut. Mereka suka mengeong dan bermain. Kucing ini memiliki banyak jenis warna, tapi yang paling terlihat adalah polanya yang tutul-tutul. Mereka mendapatkan pola ini dari Leopard Asia bernama Prionailurus bengalensis bengalensis.

Nah itulah dia kelima ras kucing paling populer di dunia. Kucing mana yang paling manis menurutmu? Berikan komentarmu di bawah ini dan jangan lupa isi paket datamu untuk cari tahu lebih tentang kucing di Internet!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
8
KAGET
7
SEDIH
10
TAKUT
7
LUCU
18
SENANG
18
SUKA
37
TERINSPIRASI
19
Komentar
11
Avatar
Admin
12 July 2021
by1 dek cr antum _E3L_#
Avatar
Admin
06 April 2021
haa khaaa..meong
Avatar
Admin
15 March 2021
gemesin semua kicingnay??
Avatar
Admin
12 March 2021
Aku suka Ragdoll
Avatar
Admin
27 February 2021
biasa aja
Avatar
Admin
18 February 2021
baiwan dek akunku NAZRIRa2006y
Avatar
Admin
15 February 2021
Kucing kampung apa namanya?
Avatar
Admin
19 January 2021
tu kucing lucu banget dan pengen punya kucing kek gitu ☺❤
Avatar
Admin
10 January 2021
aku punya kucing persia dan ragdoll
Avatar
Admin
05 January 2021
tu kucing nya pada lucu ya banget n gmana ya klo kucing gua kaya gitu ..