LOOP
LIFESTYLE & FASHION

Punya Maag Memang Bikin Sengsara. Ini 5 Cara yang Tepat Untuk Mengatasi Maag yang Muncul Tiba-Tiba

Master Admin | 11 February 2016

Loopers, buat kamu yang punya sakit maag tentunya udah nggak asing lagi kan sama rasa nyeri di perut yang tiba-tiba muncul? Maag atau yang biasa dikenal nama Gastritis merupakan keadaan dimana terjadi pembekakan, peradangan atau iritasi pada lambung. Penyakit ini biasanya menyerang tiba-tiba dan berlangsung singkat, tetapi kalau dibiarkan terus menerus akan menjadi maag akut yang berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasi maag yang muncul tiba-tiba.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, air putih juga bisa menetralkan racun di dalam perut. Termasuk bakteri penyebab timbulnya sakit maag. Air putih bisa membantu mengeluarkan zat yang berbahaya bagi lambung tersebut melalui air seni yang nantinya kamu keluarkan ketika buang air kecil.

Makan Makanan Yang Mudah Dicerna

Untuk mengatasi maag yang muncul tiba-tiba, kamu juga bisa bersikap selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna, seperti bubur. Makanlah dengan porsi yang cukup dengan waktu yang teratur.

Hindari Gorengan

Loopers, makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan ternyata juga bisa berpengaruh pada kesehatan lambung. Pasalnya, lemak jenuh yang terkandung di dalam gorengan memiliki pengaruh yang kurang baik karena bisa meningkatkan asam lambung. Nah, tingginya asam lambung inilah yang menyebabkan sakit maag bisa kambuh kapan saja.

Jangan Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga bisa menjadi pemicu kambuhnya sakit maag yang kamu derita. Hal ini disebabkan karena minuman bersoda itu bersifat sangat asam dan jelas nggak baik bagi kondisi lambungmu. Selain itu, efek karbonasi dalam minuman bersoda bisa membuat perut kembung dan sebah.

Istirahat Cukup

Selain pola makan dan menu makanan yang salah, sakit maag juga bisa dipicu oleh stres.

Baca juga: 7 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Penyakit Maag

Oleh karena itu, sebaiknya istirahatlah dengan cukup minimal tidur 8 jam dalam sehari. Dengan istirahat yang cukup maka kondisi kesehatanmu pun akan semakin membaik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit maag yang sering mendadak kambuh. Ingat ya, kondisi tubuh yang sehat juga dimulai dari pola hidup yang sehat. Mulai sekarang jangan pernah melewatkan jam makan, supaya nggak sampai terjadi infeksi pada lambungmu.

 

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
3
KAGET
4
SEDIH
3
TAKUT
4
LUCU
4
SENANG
7
SUKA
7
TERINSPIRASI
5
Komentar
8
Img 20171017 193910
Ayu Domili
03 February 2018
Bermanfaat
Tumblr okrgd3ebwi1w46vwho1 500
Asma
28 December 2016
nice tips min
Jdteman kasihsemangat
suzi
28 December 2016
iya nih min aku suka makana gorengan
Totti
rizki
15 December 2016
untung gw ngk ada magh
Gamer
Squad
13 December 2016
makasih min
Tumblr okrgd3ebwi1w46vwho1 500
Asma
12 December 2016
aku ada riwayat magh nih. thnks min
Tumblr okrgd3ebwi1w46vwho1 500
Asma
08 December 2016
tp gorengan kan enak min
Profile friends default
Jonan Anggara
30 March 2016
berarti gak boleh makan gorengan nih kalo lg maagh kambuh