LOOP
ENTERTAINMENT

6 Plot yang Sering Muncul di Drama Korea, tapi Nggak Pernah Bikin Kita Bosan

Dari berbagai judul drama Korea yang pernah dirilis, ini lah plot yang sering ada di drama Korea. Bener apa ngga hayoo?

Master Admin | 25 September 2020

Bagi kamu pecinta drama Korea, coba deh ingat-ingat kembali, kira-kira berapa drakor yang sebenarnya memiliki kemiripan plot? Nah, dari berbagai judul yang pernah dirilis, inilah plot yang sering dipakai di drama Korea. Bener apa nggak?

6. Beberapa Tahun Kemudian…

Sumber gambar: dramabeans.com

Time skip atau meloncati waktu beberapa tahun sering banget dipakai di drakor. Seringnya sih, dipakainya di episode-episode akhir. Time skip biasanya didukung pula sama plot yang seperti ini: sang tokoh utama pergi ke luar negeri, atau dia meninggal untuk kemudian bereinkarnasi kembali.

Bagaimanapun plotnya, time skip dibutuhkan agar drama yang kamu tonton punya timing yang tepat dan motif yang masuk akal bagi tindakan para karakternya. Beberapa drama yang melompati waktu yaitu The Third Charm, Goblin, dan Devilish Joy.

5. Teman Masa Kecil

Sumber gambar: koalasplayground.com

Drama Korea juga sering banget bercerita tentang tokoh utama lelaki dan perempuan yang merupakan teman masa kecil. Ada yang bercerita bahwa mereka berteman hingga dewasa, ada juga yang berkisah mereka harus terpisah saat masih kecil dan baru bertemu lagi ketika sudah dewasa.

Meskipun tokoh utama yang seperti ini berpengaruh besar terhadap plot yang jadi gampang tertebak, bukan berarti dramanya jadi nggak menarik. Contoh drama yang tokoh utamanya teman masa kecil adalah While You Were Sleeping, The Time I’ve Loved You, Twenty Again, dan She Was Pretty.

Empat drakor itu nggak membosankan saat ditonton kan?

4. Sejarah Keluarga yang Traumatis

Sumber gambar: pinterets.co.kr

Biasanya sih, tokoh utama prianyalah yang punya trauma masa kecil. Traumanya itu bahkan sampai memengaruhi kepribadiannya saat dewasa. Lalu datanglah tokoh utama wanita yang akan membantu sang pria mengatasi traumanya. Hwarang, Just Between Lovers, dan It’s Okay That’s Love merupakan contoh drama yang mengandalkan sejarah keluarga tokoh utama yang traumatis,

3. Amnesia

Sumber gambar: soompi.com

Ketika kamu merasa suatu drama Korea terasa sempurna, jangan salah! Biasanya sutradara akan membuat twist yang mengubah cerita secara drastis. Contohnya ya ketika ada tokoh yang mengalami amnesia. Lihat saja drama-drama hits seperti Boys Over Flower, Master Sun, atau Monster.

2. Si Kaya dan Si Miskin

Sumber gambar: dramabeans.com

Seorang pria kaya raya dari keluarga terpandang jatuh cinta dengan gadis sederhana yang berasal dari keluarga miskin. Rasanya ada lebih dari 20 judul drakor yang memiliki plot seperti itu.

Meski plotnya mirip, tentu kita selalu dibuat penasaran kalau sudah nonton. Betul? Drama The Heirs, Boys Over Flowers, Secret Garden,  dan Cheongdamdong Alice masih tetap asyik ditonton walaupun tokoh utamanya punya kondisi yang jomplang.

1. Second Lead Syndrome

Sumber gambar: dreamers.id

Well, salah satu plot yang hampir ada di sebagian besar drama Korea tentu saja second lead syndrome! Percaya atau tidak, hampir semua drama Korea pasti memiliki sosok tokoh pria yang memiliki peran sebagai orang kedua, yang membuat tokoh utama wanitanya galau memilih antara dua orang pria.

Yang membedakan plot ini dengan yang lain, biasanya kita ikutan baper dan pengen langsung menjadi sutradara dadakan! Drama yang mengandung second lead syndrome sangat banyak, nggak akan cukup buat tulis daftarnya di satu artikel!

Jadi mau nonton drama Korea ya? Jangan lupa aktifkan dulu paket data Loop, biar sesi nonton kamu terus lancar jaya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
1
SEDIH
1
TAKUT
1
LUCU
2
SENANG
4
SUKA
19
TERINSPIRASI
5
Komentar
0