LOOP
DAILY LIFE

7 Permainan Tradisional Ini Sudah Mulai Dilupakan, Bikin Nostalgia Jadinya

Generasi 90-an pasti pernah ngalamin serunya main galasin nih.

Bayu Bahrul | 20 November 2020

Sebelum smartphone mulai memengaruhi pergaulan kids zaman now, terdapat sejumlah permainan tradisional yang masih sering dimainkan. Generasi 90-an pasti pernah ngalamin serunya main engklek, kelereng, dan congklak bareng teman-teman. Sayang, permainan tersebut nampaknya kini sudah mulai terlupakan. Dan mungkin hanya segelintir anak-anak saja yang masih memainkannya. Yuk, kita bernostalgia dengan 7 permainan tradisional yang sempat menghiasi kehidupan anak 90-an!

BACA JUGA: Yuk Belajar Cari Uang Sendiri, Berikut 7 Pekerjaan Sampingan untuk Anak Sekolah

1. Engklek

Sumber: gametradisionalku.wordpress.com

Hayo, siapa yang dulu jago banget “lompat indah” pas main engklek? Masih ingat gimana menggambar petak engklek? Permainan ini dulu sempat ngetren di kalangan anak-anak dan remaja. Sering dimainkan di jalan kecil, lapangan, atau halaman rumah tetangga. Selain seru, engklek juga bisa jadi permainan yang menegangkan lho. Pokoknya mesti hati-hati ngegambar petaknya, jangan sampai salah tempat dan dimarahi tetangga.

2. Congklak

Sumber: dunia-anak.com

Meski jarang terlihat dimainkan, kamu bisa menemukan papan congklak di pasar atau bahkan di online shop. Permainan tradisional ini berguna banget melatih kinerja otak anak. Tapi, congklak juga nggak cuma dimainkan anak-anak kok, remaja dan orang dewasa pun bisa memainkannya.

3. Gobak Sodor/Galasin

Sumber: malangtoday.net

Galasin merupakan permainan tradisional yang cukup menguras keringat. Anak-anak yang badannya ramping pasti jago main galasin nih. Soalnya, jadi lebih gampang selap-selip ngelewatin tamen yang bertugas jadi penghalang.

4. Pletokan

Sumber: donalobox.blogspot.com

Anak-anak cowok 90-an pasti pernah ngalamin main pletokan bambu. Itu lho, senjata mainan yang terbuat dari bambu dan diisi peluru yang dibikin dari gumpalan kertas basah. Seru banget main pletokan di sawah bareng teman-teman, seolah-olah kamu lagi ikutan perang gerilya. Pletokan yang bagus biasanya punya suara yang nyaring, Loopers. Kamu bisa nggak merakit pletokan nih?

5. Adu Kelereng

Sumber: blogandiyasa.blogspot.com

Hayo, siapa yang dulu jago banget adu kelereng sampai koleksi kelerengnya udah nggak muat ditaro di kantong celana? Di satu kelompok pertemanan selalu saja ada anak yang punya gaya menyentil kelereng yang nggak biasa. Ada yang pakai jempol, kelingking, ada yang sambil tengkurep, macam-macam deh pokoknya.

6. Egrang

Sumber: timesindonesia.co.id

Dulu bangga banget kalau bisa main egrang, sebab untuk menguasainya butuh latihan yang lama. Mungkin hampir sama kayak kamu belajar sepeda pertama kali. Mesti jatoh dulu, kepeleset, sampai lecet-lecet. Sekalinya bisa, rasanya kemana-mana jadi pengin pakai egrang.

BACA JUGA: Penasaran Mengapa Imlek identik dengan Warna Merah? Begini Penjelasannya

7. Lompat Tali

Sumber: flickr.com

Anak-anak gadis zaman sekarang mungkin masih banyak yang main lompat tali. Tapi dibanding zaman dulu, lompat tali juga sering dimainkan anak-anak cowok. Anak cewek lebih suka gaya-gaya yang simpel pas main lompat tali, biasanya sambil diiringi hitungan yang dinyanyikan.

Hmm… 7 permainan tradisional di atas kini sudah jarang lagi dimainkan, padahal seru banget dan bisa mendukung pertumbuhan anak. Jadi, alangkah baiknya jika kamu kembali memperkenalkan permainan tradisional ke generasi yang lebih muda.

Yuk, aktifkan paket data Loop supaya jaringan internetmu tetap lancar! Klik link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
6
KAGET
6
SEDIH
20
TAKUT
4
LUCU
7
SENANG
21
SUKA
21
TERINSPIRASI
27
Komentar
12
Avatar
Admin
03 January 2021
kangen
Avatar
Admin
22 November 2020
iya rindu
Avatar
Admin
22 November 2020
kangen kali pada masa" kecil dlu bermain" sama kawan
Avatar
Admin
22 November 2020
Jadi mau main kayak dulu
Avatar
Admin
22 November 2020
egrang
Avatar
Admin
21 November 2020
jadi pingin kembali . ke kanak kanak lagi
Avatar
Admin
20 November 2020
hacker dari indonesua
Avatar
Admin
20 November 2020
teringat masah kecil dulu. anak2 sekarang malah sibuk main hp...
Profile friends default
anonymous
20 November 2020
Mengingat masa kecil dulu
Avatar
Admin
20 November 2020
anak" sekarang mana bisa maon kaya ginian