LOOP
ENTERTAINMENT

5 Hal tentang Sulitnya Jadi Idol Korea yang Sering Kita Lupakan

Banyak orang menyangka menjadi idola Korea itu perkara mudah. Padahal dibalik itu semua ada banyak rahasia kelam yang harus dilewati mereka sebelum mencapai kesuksesan. Mau tahu perjuangan menjadi Idol Korea? Klik disini ya!

Rahelia Peni Lestari | 02 October 2020

Hingga detik ini, kayaknya nggak sedikit yang menganggap jadi bintang K-Pop itu cuma berisikan hal-hal yang enak. Kehidupan yang mewah dan pekerjaannya konser di mana-mana, keseharian bintang K-Pop sudah kayak surga dunia kali ya?

Nggak sepenuhnya salah, tapi juga nggak sepenuhnya benar. Di balik glamornya kehidupan mereka, tersimpan banyak perjuangan yang menyangingi atau bahkan melebihi risiko para pekerja di bidang lain. Berikut ini 5 hal tentang perjuangan menjadi idol Korea yang sering kita lupakan.

1. Latihan Tanpa Jeda

Sumber: i1.wp.com

Korea Selatan terkenal dengan etos kerja yang tinggi. Makanya, idol di sana pun dituntut untuk rajin berlatih.

Kehidupan sehari-hari masyarakat di Korea, menurut kritikus budaya Lee Moon Won, bisa disamakan dengan seseorang yang bekerja keras untuk menempuh ujian kuliah. Terlebih lagi untuk dunia keartisan, kamu harus berjuang hanya untuk diterima dalam sebuah agensi. Dan setelah diterima, kamu akan menjadi trainee yang bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya agar bisa debut bertahun-tahun setelahnya.

Periode latihannya bukan tiga hingga enam bulan seperti masa percobaan kerja pada umumnya, Loopers. Nggak tanggung-tanggung, masa training mereka bisa berlangsung selama lima hingga sepulih tahun! Kalau kamu udah menyetujui kontrak, akan sangat sulit bagimu untuk keluar karena pasti akan diberikan penalti yang nggak murah. Iya dong, coach dan trainer juga butuh dibayar.

2. Diet Ketat

Sumber: img.stomp.com.sg

Untuk jadi cantik bukanlah hal mudah. Sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa banyak artis Korea harus melalui proses operasi plastik yang kontroversial itu.

Tapi tahukah kamu bahwa mereka juga harus melalui proses diet yang ketat? Karena hal ini, banyak artis Korea terlihat terlalu kurus. Idola Nine Muses misalnya, dia terkenal dari dietnya yang di luar nalar, yakni diet gelas kertas. Kamu cuma boleh makan dalam hitungan porsi satu gelas kertas saja yang tentunya berisi makanan yang kalorinya diatur dengan sangat ketat.

3. Jadwal yang Padat

Sumber: koreaboo-cdn.storage.googleapis.com

Selain berlatih menyanyi dan menari, jadwal para idola Korea juga diisi dengan segudang kegiatan lain yang bertujuan untuk lebih mengekspos mereka di hadapan publik. Mulai dari konser, muncul di berbagai acara TV, jumpa penggemar, dan bermain drama atau iklan, semua harus dilakukan demi popularitas. Penyanyi G-Dragon dari grup musik BIGBANG pernah pingsan di atas panggung setelah bernyanyi sebanyak sepuluh lagu secara berturut-turut.

4. Kontrak

Sumber: 1.soompi.io

Kontrak yang seperti perjanjian perbudakan juga bukan hal baru di dunia K-Pop. JYJ contohnya, grup musik pecahan grup TVXQ pernah melayangkan gugatan karena agensi tempat mereka mencari nafkah tidak membagi keuntungan secara merata. Kontrak yang tidak manusiawi ini biasanya dijalani selama tujuh hingga sepuluh tahun dengan penalti yang cukup besar.

5. Kutukan tujuh Tahun

Sumber: img.jakpost.net

Perputaran artis di Korea juga sangat cepat. Dengan  munculnya artis-artis baru setiap tahunnya, maka wajah yang muncul di layar kaca juga kian bertambah. Hal ini menjadi masalah bagi artis-artis lama yang sudah debut. Persaingan untuk mendapatkan sorotan dari media juga sangat ketat bahkan setelah kamu debut.

Kamu pernah dengar tentang kutukan tujuh tahun bagi para artis Korea? Dikatakan, jika pamormu naik, kamu hanya punya waktu tujuh tahun saja sebelum ada pergantian anggota. Yang lebih parah lagi, bisa saja grup kamu bubar. Hal ini sudah terjadi pada 2NE1, BEAST, TVXQ, f(x), dan Wonder Girls.

Kamu masih mau jadi artis Korea setelah tahu fakta-fakta ini? Jika ya, maka kamu harus berlatih lebih giat lagi agar bisa lulus seleksi agensi. Perjalanan masih sangat amat panjang untuk meraih debut yang mungkin atau tidaknya kamu dapatkan. Jangan menyerah dan terus isi paket datamu untuk melanjutkan risetmu untuk menjadi bintang!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
31
KAGET
194
SEDIH
158
TAKUT
64
LUCU
22
SENANG
30
SUKA
58
TERINSPIRASI
133
Komentar
0