LOOP

LIFESTYLE & FASHION

5 Jenis Jerawat Berdasarkan Tempat Munculnya, Kamu Harus Tahu Penyebabnya

Jerawat memiliki sebab yang berbeda tergantung tempat munculnya lho. Berikut ini penyebab jerawat berdasarkan letaknya.

Rahelia Peni Lestari | 31 December 2020

Jerawat memang masalah yang akan selalu dialami bagi kita muda-mudi. Jerawat biasanya muncul setelah kamu mulai puber. Di usia seperti itu, produksi minyak di wajah sudah semakin banyak. Tapi, munculnya jerawat di berbagai bagian wajah rupanya memiliki sebab yang berbeda-beda lho. Ini dia penyebab jerawat berdasarkan letaknya.

1. Jerawat di Sekitar Garis Rambut

Sumber: danderm-pdv.is.kkh.dk

Jika kamu memiliki jerawat yang letaknya dekat dengan bagian kulit yang terkena rambut atau dekat dengan kulit kepala, bisa jadi kamu terkena pomade acne atau yang dikenal sebagai jerawat pomade.

Jerawat pomade disebabkan oleh produk rambut yang kamu pakai. Bisa jadi karena kamu memakai produk rambut yang tak cocok, seperti pomade, minyak rambut, gel, spray, atau bahkan kondisioner dan sampo. Jika kamu terkena jerawat pomade, sebaiknya kamu ganti produk perawatan rambutmu, dan jangan lupa bilas rambut dengan bersih setelah keramas.

2. Jerawat di Bagian Pipi

Sumber: cdn1.medicalnewstoday.com

Jerawat yang letaknya di bagian pipi biasanya muncul karena satu dan lain hal. Misalnya saja ponsel yang kotor, sarung bantal yang lupa diganti, atau bahkan keringat di hijab. Jerawat ini disebabkan oleh bakteri dan kulit mati yang menumpuk. Jadi jika kamu sering memegang pipimu, pastikan tanganmu bersih dari kuman. Jangan lupa juga cuci dan ganti sarung bantal dan selimutmu setiap minggu ya.

3. Jerawat di Dagu

Sumber: static.acne.org

Jerawat yang terdapat di area dagu biasanya disebabkan oleh perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Berlebihnya hormon androgen bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di sekitar dagu. Jerawat ini sering didapat wanita yang sedang datang bulan, atau bisa juga disebabkan oleh konsumsi pil kontrasepsi dan diet. Terlalu banyak makan makanan dengan kadar gula yang tinggi dan makanan olahan serta berlemak pun bisa jadi sumber munculnya jerawat di dagu.

4. Jerawat di Dahi dan Hidung

Sumber: amp.thisisinsider.com

Jerawat di bagian T-Zone, yakni di bagian dahi dan hidung dapat muncul akibat produksi minyak berlebih dan juga stres. Stres tidak dapat menimbulkan jerawat secara langsung, namun bisa memperparah tumbuhnya jerawat. Kurang tidur juga bisa memperparah munculnya jerawat ini. Kelola tingkat stresmu dan rajin-rajinlah membersihkan wajah dengan sabun yang khusus dibuat untuk kulit berminyak.

5. Jerawat di Punggung

Sumber: i.ytimg.com

Jerawat pun bisa muncul di area bahu dan punggung. Jerawat ini muncul jika kamu  terlalu sering menggunakan baju yang sama tanpa mencucinya. Tak mengganti baju yang berkeringat setelah berolahraga juga bisa menimbulkan jerawat jenis ini. Sering-seringlah mengganti bajumu jika kamu mudah berkeringat dan juga mandi secara teratur.

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
29
KAGET
33
SEDIH
30
TAKUT
37
LUCU
28
SENANG
36
SUKA
50
TERINSPIRASI
61
Komentar
10
Avatar
Admin
20 March 2021
makasisaraya
Avatar
Admin
08 March 2021
makasih saranya
Avatar
Admin
08 March 2021
makasih saranya
Avatar
Admin
08 March 2021
ok
Avatar
Admin
08 March 2021
ok
Avatar
Admin
08 March 2021
ok
Avatar
Admin
08 March 2021
Ok
Avatar
Admin
08 March 2021
Ok
Profile friends default
anonymous
07 February 2021
Akibat muka berminyak
Avatar
Admin
30 January 2021
hhk