LOOP
DAILY LIFE

7 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tinggi, Apa Ini Profesi Kamu?

Berminat menjalani tujuh pekerjaan dengan tingkat stres tinggi ini? Mental kamu harus kuat

Bayu Bahrul | 17 December 2020

Kira-kira hal apa yang menyebabkan kamu sering stres? Tugas sekolah/kuliah? Masalah asmara? Atau tuntutan pekerjaan? Hmm… yang terakhir mungkin yang paling sering bikin orang stres, nih. Nggak dimungkiri, tuntutan dan jadwal pekerjaan yang padat bisa membebani pikiran. Apalagi jika gajinya nggak sepadan dengan kerja keras yang sudah dikeluarkan. Oleh karena itu, kamu mesti berhati-hati memilih pekerjaan, sebab bukan hanya urusan gaji saja yang mesti kamu pikirkan. Tujuh pekerjaan berikut misalnya, dianggap memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Tapi kalau pekerjaan berikut memang sesuai dengan keahlianmu, silakan jalani, syaratnya kamu harus bisa menangani stres dengan baik.

BACA JUGA: Tertarik Berkarier di Dunia Startup? Inilah 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan!

1. Wartawan

Sumber: nasional.tempo.co.id

Ini dia salah satu pekerjaan dengan jadwal yang cukup padat. Mungkin sebagian besar wartawan punya jam kerja tetap, tapi di sisi lain mereka harus siap sedia tatkala ada peristiwa penting yang harus diberitakan. Kalau jadi wartawan kamu mesti rela kerja sampai larut malam, bahkan seharian penuh demi mengejar berita.

2. Supir Taksi Konvensional

Sumber: breakingnews.co.id

Profesi sebagai supir taksi butuh kesabaran yang tinggi. Kalau kamu bukan tipe orang yang sabar menghadapi kemacetan, jangan berharap jadi supir taksi deh. Bayangkan, kamu mesti mengarungi kemacetan setiap hari demi mencari penumpang. Itu pun kalau dapet, kalau nggak? Selain itu, supir taksi juga mesti sabar jika ada penumpang yang bersikap kasar.

3. Anggota Militer

Sumber: setkab.go.id

Pekerjaan anggota militer nggak cuma menguras tenaga tapi juga pikiran. Latihan yang berat dan risiko kematian di medan perang bisa memicu stres berkepanjangan. Belum lagi saat mereka ditugaskan ke tempat nun jauh di sana selama berbulan-bulan, jauh dari keluarga serta orang-orang tercinta.

4. Salesman

Sumber: cpss.net

Sebagai ujung tombak pemasukan bagi perusahaan, salesman punya tuntutan yang cukup tinggi dibanding profesi lainnya. Mereka harus mengejar target untuk mendapatkan insentif atau bonus. Beruntung jika produk yang dijual termasuk yang diminati banyak orang, jika tidak? Bukannya untung, malah buntung jadinya.

5. Pemadam Kebakaran

Sumber: lancsfirerescue.co.uk

Mejadi pemadam kebakaran harus rela mempertaruhkan nyawa demi keselamatan orang lain. Bertarung dengan lahapan api, meyaksikan korban yang tak tertolong, dan jadwal jaga yang padat, membuat personel pemadam kebakaran jadi stres.

6. Customer Service

Sumber: psegliny.com

Mungkin kamu menganggap pekerjaan CS sepele, hanya meladeni panggilan telepon customer saja. Tapi jangan salah, jam kerja CS seringkali di luar batas. Ditambah lagi mereka mesti sabar menanggapi omelan dan kritik dari pelanggan. Salah ucap sedikit saja bisa berakibat fatal. Belum lagi bayaran bagi CS seringkali nggak sepadan dengan jadwal kerja.

BACA JUGA: 7 Tips Jadi Travel Vlogger Terpraktis dan Mudah Dijalani

7. Dokter Bedah

Sumber: physicianweekly.com

Gaji dokter bedah memang tinggi, tapi gaji tersebut setara dengan keahlian dan tingkat stres yang tinggi. Bagaimana tidak, pekerjaan ini menutut kamu berurusan dengan nyawa orang lain. Operasi yang dilakukan dokter bedah bisa sampai berjam-jam, bahkan sehari penuh tergantung dari kondisi pasien. Bayangkan jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang setiap hari.

Di antara tujuh pekerjaan dengan tingkat stres tinggi di atas, kira-kira mana nih yang sesuai degan minat kamu? Boleh saja mencoba profesi di atas, tapi ingat, pertama-tama kamu harus bisa menangani stres dengan baik.

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
8
KAGET
9
SEDIH
11
TAKUT
14
LUCU
7
SENANG
9
SUKA
14
TERINSPIRASI
9
Komentar
1
Avatar
Admin
03 March 2021
penjelasan yang sangat mengispirasi