LOOP
DAILY LIFE

7 Obsesi Paling Aneh yang Bisa Dimiliki Orang, Kamu Pernah Melihatnya?

Terobsesi bintang idola? Itu sih sudah biasa. Inilah dia obsesi-obsesi paling aneh sedunia.

Rahelia Peni Lestari | 14 December 2020

Obsesi beda dengan fobia. Pada kasus fobia, penderitanya akan merasakan rasa takut yang nggak logis dan nggak masuk akal. Sementara obsesi membuat penderitanya merasakan suatu dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Kondisi ini sering disebut Obsessive Compulsive Disorder atau OCD.

OCD juga ada banyak macamnya. Mungkin contoh yang kita tahu adalah orang yang terus-terusan mencuci tangan karena terobsesi pada kebersihan. Nah, kali ini kita akan membahas obsesi paling aneh sedunia. Kamu punya salah satunya nggak nih?

1. Cartacoethes – Obsesi Melihat Peta Dimana pun Berada

Sumber: pexels.com

Otak Manusia sudah biasa mengenali wajah seseorang di suatu tempat. Tapi apa jadinya jika kamu menyambungkan semua yang kamu lihat pada peta? Obsesi aneh ini disebut Cartacoethes.

Contohnya begini, misalkan saja seseorang sedang melihat telur dadar atau pola baju. Dua hal yang biasa  itu akan terlihat seperti peta bagi pengidap Cartacoethes. Petanya sendiri bisa peta dunia yang asli atau peta fiktif. Kayaknya, penderita obsesi ini cinta banget sama geografi ya?

2. Gamomania – Obsesi Melamar Seseorang

Sumber: pexels.com

Aneh memang, tapi mungkin populer ya di negeri kita ini. Gamomania adalah kondisi aneh yang berkaitan dengan obsesi mengajak orang untuk menikah. Nggak cuma satu orang yang diajaknya, tapi banyak orang pada waktu yang bersamaan. Akibatnya hal ini bisa menjadi cikal bakal kisah cinta poligami.

3. Clinomania – Obsesi Untuk Tetap Tidur di Kasur

Sumber: pexels.com

Wajar sih kalo kamu merasa ingin tetap berbaring di Kasur, apalagi kalau lagi hujan dan dingin. Anget banget deh pokoknya. Tapi untuk penderita Clinomania, keinginan untuk tinggal di kasur sangatlah besar dan sulit dilawan. Keinginan itu bahkan bisa berlangsung selama berhari-hari, apalagi jika musim hujan dan dingin.

Clinomania berasal dari bahasa Yunani yang artinya obsesi untuk tidur. Dengan kata lain, ini adalah kecintaan pada kasur, bantal, guling, dan selimut.

4. Demonomania – Obsesi Terhadap Setan Sehingga Berpikiran Sedang Kesetanan

Sumber: pexels.com

Ada banyak buku dan film horor yang menggambarkan bagaimana seseorang kerasukan setan. Tak jarang, orang yang suka menonton film horor akan takut pada orang yang kerasukan setan. Kadang orang menjadi sangat takut, sampai-sampai sebuah obsesi aneh muncul dalam pikirannya. Dalam hal ini, obsesi itu disebut Demonomania, istilah psikiatri untuk orang yang percaya dirinya sedang kerasukan setan. Mungkin ini yang terjadi pada para peserta acara hantu di TV ya?

5. Enosimania – Obsesi Rasa Bersalah Telah Berbuat Dosa

Sumber: pexels.com

Obsesi ini terjadi ketika sang penderita merasa dirinya telah berbuat dosa yang tidak termaafkan. Obsesi ini disebut enosimania. Tanda-tandanya adalah bernapas cepat, detak jantung tak beraturran, berkeringat, mual dan perasaan takut yang berlebihan.

6. Trichotillomania – Obsesi Menarik Rambut

Sumber: pexels.com

Trichotillomania atau singkatnya disebut trich adalah kondisi di mana seseorang nggak bisa berhenti menarik rambut dan bulu yang tumbuh di tubuh dan kepalanya. Mulai dari rambut, alis, bulu mata, kumis, sampai bulu kaki. Ini juga termasuk kelainan yang bersifat melukai diri sendiri lho. Tanda-tandanya bisa terlihat dari kebotakan di beberapa bagian kepala. Obsesi yang sangat aneh ya.

7. Ablutomania – Obsesi Membersihkan Diri

Sumber: pexels.com

Kamu punya temen yang kerjaannya bolak-balik ke toilet? Well, nggak ada salahnya sih kalau dia cuci tangan sebelum dan setelah pergi ke WC. Tapi patut dicurigai jika dia bolak balik cuci tangan setelah memegang sesuatu yang biasa saja. Penderita ablutomania akan merasa takut kotor sehingga ia harus mencuci tangan terus menerus. Pada kasus yang parah, bahkan saking seringnya mencuci tangan, mereka menderita luka-luka.

Nah itulah 7 obsesi aneh sedunia. Obsesi mana yang menurutmu paling aneh? Berikan komentarmu ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

 

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
6
KAGET
14
SEDIH
7
TAKUT
11
LUCU
9
SENANG
7
SUKA
14
TERINSPIRASI
9
Komentar
11
Avatar
Admin
24 December 2020
Georgie lu gila
Avatar
Admin
17 December 2020
satu lagi akun gua ♡KING MTR ♡
Avatar
Admin
17 December 2020
zkeizis
Avatar
Admin
17 December 2020
SIAPA YANG MAU CULIK AKUN FF GUE KASIH NAMANYA zkeizi
Avatar
Admin
17 December 2020
KING 9087FF
Avatar
Admin
17 December 2020
KING PUKAR
Avatar
Admin
17 December 2020
KING ANJING
Avatar
Admin
16 December 2020
la iya lah masa mau dikasi ular si
Avatar
Admin
16 December 2020
la iya lah masa mau dikasi ular si
Avatar
Admin
14 December 2020
kucing selalu di sayang