LOOP
LIFESTYLE & FASHION

7 Resep Masker Rambut Ini Dibuat dari Bahan Alami, Gampang Banget Bikinnya!

Nggak perlu mahal-mahal ke salon, coba saja resep masker dari bahan alami ini. Mudah lho cara membuatnya..

Mauliyana Puspa | 19 December 2020

Rambut adalah mahkota dari seorang wanita, kamu setuju nggak dengan pernyataan ini? Mungkin pernyataan tersebut benar adanya, makanya nggak heran kalau banyak cewek yang rajin merawat rambut ke salon. Setidaknya ada budget khusus yang dikeluarkan hanya untuk perawatan rambut saja. Hmm, tapi bagi cewek-cewek yang nggak sempat pergi ke salon atau memiliki budget yang cukup, kamu bisa manfaatkan bahan alami yang dipakai untuk membuat masker lho.

Kali ini Ilmupedia akan memberikan resep masker rambut dari bahan-bahan alami. Wah, kira-kira apa saja ya? Tentunya mudah dan murah!

1. Pisang

Sumber : milkandeggs.com

Ternyata nggak hanya untuk dikonsumsi saja, pisang juga berguna untuk menjaga rambut tetap lembap. Kandungan vitamin E berfungsi untuk kulit kepala yang sehat, vitamin A, kalium, dan vitamin C dapat membantu mengatur produksi minyak.

Caranya haluskan dua buah pisang, tambahkan satu tetes minyak zaitun dan madu. Setelah itu, aduk sampai merata. Kalau sudah tercampur, oleskan ke rambutmu dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

2. Strawberry

Sumber : almanac.com

Rambut kamu berminyak? Hmm, coba saja buat masker rambut dari buah strawberry. Buah ini mengandung vitamin C yang bisa mengatur produksi minyak berlebih dari kulit kepala kamu.

Pertama, blender buah strawberry sampai benar-benar halus. Kemudian aplikasikan pada seluruh bagian rambut, pastikan tercampur rata ya. Biarkan sampai menyerap ke dalam rambutmu, setelah itu bilas dengan air dingin.

3. Santan

Sumber : hellosehat.com

Pasti kamu mengira kalau santan hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan saja. Namun, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari santan lho. Caranya juga gampang banget, siapkan santan kental kira-kira 50 ml. Oleskan ke seluruh batang rambut, diamkan kurang lebih selama 1 jam. Setelah itu bilaslah sampai bersih.

4. Alpukat

Sumber : huffpost.com

Siapa yang punya tipe rambut kering? Kamu bisa manfaatkan buah alpukat sebagai masker alami ramut. Haluskan buah alpukat dan tambahkan beberapa tetes peppermint essential oil. Campur rata kedua bahan tersebut, lalu oleskan ke seluruh rambut. Diamkan 15 menit, dan bilas sampai bersih.

5. Lidah Buaya dan Kayu Manis

Sumber : poskotanews.com

Dua bahan ini adalah kombinasi terbaik untuk menambah kelembapan rambut. Masker ini mampu membantu menghidrasi rambut dan memberikan lapisan pelindung pada folikel rambut. Campurkan gel lidah buaya dan bubuk kayu manis. Setelah itu oleskan pada rambut, diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

6. Mayones

Sumber : cooksillustrated.com

Dikutip dari Livestrong, ternyata mayones bisa digunakan sebagai masker untuk rambut kering lho. Kenapa? Karena mayones terbuat dari minyak, cuka, dan telur yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Caranya juga mudah, ambil mayones secukupnya ke dalam mangkuk. Kemudian, aplikasikan mayones pada kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan hingga meresap kurang lebih 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

7. Susu dan Madu

Sumber : lifealth.com

Pastinya enak banget ya minum susu dengan campuran madu. Nah, ternyata kedua bahan alami ini juga bagus untuk merawat rambut. Caranya gampang, siapkan susu murni tanpa gula dan tambahkan setetes madu. Aplikasikan dari kulit kepala sampai ujung rambut. Setelah itu bilas sampai bersih.

Nah, nggak perlu mahal-mahal ke salon kan? Pakai bahan alami juga bisa!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
2
KAGET
0
SEDIH
0
TAKUT
0
LUCU
2
SENANG
3
SUKA
7
TERINSPIRASI
5
Komentar
0