LOOP
LIFESTYLE & FASHION

Jangan Dibuang! Air Cucian Beras Punya 10 Manfaat buat Kecantikan Kulit dan Rambutmu lho

Nggak disangka, ternyata air cucian beras mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut lho. Hmm, manfaat apa saja ya?

Mauliyana Puspa | 12 December 2020

Pastinya banyak dari kamu yang sering membuang air bekas cucian beras. Mungkin kamu menyepelekan air bekas cucian beras. Padahal yang harus kamu tahu, air bekas cucian beras ini mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit, rambut, bahkan kesehatan juga lho. Kandungan zat oryzanol yang ada pada beras bisa menangkal sinar ultraviolet, sehingga dapat membantu merawat kulit dari paparan sinar matahari.

Yup, nggak perlu mahal-mahal perawatan ke dokter kulit. Kamu juga bisa memanfaatkan air cucian beras. Hmm, kira-kira apa lagi ya manfaat yang bisa didapatkan?

1. Menghilangkan Flek Hitam

Sumber : stylecaster.com

Flek hitam menjadi salah satu tanda penuaan pada kulit. Kadang munculnya flek hitam bisa menurunkan kepercayaan diri lho. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan flek hitam hanya dengan menggunakan air cucian beras. Manfaatkan air cucian beras ini sebagai masker wajah ya. Gunakan secara rutin dua kali seminggu.

2. Toner Wajah

Sumber : today.com

Berapa biaya yang kamu keluarkan setiap bulan untuk membeli toner wajah? Kali ini kamu nggak perlu mengeluarkan bujet yang banyak, karena air cucian beras juga bisa kamu gunakan sebagai toner. Air cucian beras dipercaya mampu membantu meregenerasi dan menjaga kulit agar tetap lebih kinclong.

3. Meredakan Iritasi Jerawat

Sumber : remediesforme.com

Jerawat tiba-tiba muncul dan membuat kulit menjadi iritasi? Tenang saja, manfaat allantoin pada air cucian beras mampu menenangkan kulit yang sedang berjerawat dan mengalami iritasi.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Resiko dan Bahaya dari Pemasangan Eyelash Extension!

4. Menangkal Radikal Bebas

Sumber : therakyatpost.com

Salah satu kandungan yang ada pada beras adalah ferulic acid. Gunanya adalah sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Gampang kok caranya, kamu cukup mencuci wajahmu dengan air cucian beras secara rutin.

5. Membuat Kulit Semakin Lembap

Sumber : cosmopolitan.co.id

Punya kulit wajah yang kering? Hmm, nggak usah bingung, kamu bisa mendapatkan kulit yang lembap hanya dengan air cucian beras lho. Murah meriah banget.

6. Mencerahkan Kulit

Sumber : stylecraze.com

Kulit yang putih mulus memang menjadi idaman hampir semua cewek. Mulai dari suntik hingga pakai lotion pemutih bisa dilakukan. Tapi harus hati-hati, kandungannya belum tentu cocok untuk kulit. Gunakan saja air cucian beras. Bahannya yang alami tentu aman untuk kulit.

7. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Sumber : stylecraze.com

Selain membuat kamu jadi kurang percaya diri, minyak berlebih di wajah juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat dan komedo. Kurangi minyak berlebih di wajah dengan air cucian beras. Cuci muka saja seperti biasa, hasilnya pun akan terlihat kalau kamu melakukannya secara rutin.

Baca juga: Jenis-Jenis Sepatu Wanita yang Wajib Kamu Ketahui, Sudah Punya yang Mana Nih?

8. Menyamarkan Garis Halus

Sumber : Brightside.me

Kandungan inositol dan ferulic acid pada air cucian beras juga dipercaya mampu membantu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah lho. Hayo, siapa nih yang kulitnya sudah tampak kerutan dan garis halus?

9. Menyuburkan Rambut

Sumber : glamonique.co

Nggak hanya untuk kulit saja kok, air cucian beras juga berguna untuk kesuburan rambut. Gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Lakukan perawatan ini minimal dua kali dalam seminggu ya.

10. Mengatasi Rambut Bercabang

Sumber : stylecraze.com

Siapa nih yang punya rambut bercabang? Coba deh celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih.

Jadi mulai dari sekarang, jangan buang air bekas cucian berasmu ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
5
KAGET
4
SEDIH
2
TAKUT
2
LUCU
5
SENANG
12
SUKA
15
TERINSPIRASI
14
Komentar
2
Profile friends default
anonymous
14 December 2020
4 lucu
Profile friends default
anonymous
14 December 2020
Suka