LOOP

DAILY LIFE

6 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Tertarik Mencobanya?

Makanan paling ekstrem ini bakal menantang jiwa petualang wisatawan kuliner sejati, cek selengkapnya di sini!

Bayu Bahrul | 30 December 2020

Wisata kuliner merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk sebagian orang. Umumnya, saat berwisata kuliner orang-orang memilih makanan yang lezat dan Instagramable. Tapi kalau kamu penyuka kuliner sejati, makanan ekstrem sekali pun pasti kamu santap. Apa itu makanan ekstrem? Itu lho, makanan yang dibuat dari bahan-bahan yang tak lazim dan biasanya punya bau yang menyengat. Yuk, kenali 7 makanan paling ekstrem di dunia berikut ini. Kira-kira apa kamu berminat mencobanya?

BACA JUGA: Ini Dia 5 Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Dua!

1. Surstromming

Sumber: telegraph.co.uk

Makanan ini berasa dari negara Swedia, terbuat dari ikan yang sengaja dibusukkan dalam waktu yang lama. Surstromming biasanya disimpan didalam kaleng dan langsung mengeluarkan bau menyengat saat dibuka. Konon katanya, meski rasanya tidak ramah di lidah, Surstromming dapat membangkitkan nafsu makan seseorang.

2. Balut

Sumber: thetakeout.com

Balut banyak ditemukan di Filipina, Kamboja, dan Vietnam. Makanan ini terbuat dari telur yang sudah memiliki embrio atau bahasa awamnya, telur busuk. Telur ini biasanya dihidangkan dengan cara dikukus dan langsung disantap. Usia telur busuk, alias Balut yang disajikan pada pelanggan berkisar 17 sampai 21 hari.

3. Ulat Mopane

Sumber: pinterest.com

Makanan ini merupakan yang terlezat di Zimbabwe. Bagaimana tidak, ulat Mopane sudah lama menjadi makanan favorit penduduk. Ulat berwarna kuning kecoklatan ini hidup dengan memakan daun pohon Mopane. Masyarakat kerap memburunya untuk dijadikan santapan. Biasanya, saat hendak disajikan, isi perut ulat dikeluarkan kemudian dagingnya dikeringkan. Menurut penduduk, ulat Mopane mengandung protein tiga kali lipat lebih besar dibanding daging sapi.

4. Sannakji

Sumber: youtube.com

Sannakji adalah makanan ekstrem berikutnya yang terbuat dari bayi gurita yang masih hidup. Cara menyantapnya simpel, gurita yang masih hidup dipotong, kemudian dicelup ke bumbu minyak wijen dan langsung dimakan. Pengin nyobain Sannakji? Datang saja ke Korea Selatan.

5. Century Eggs

Sumber: travelgluttons.com

Jika dilihat dari namanya, century eggs memiliki arti telur berumur serratus tahun. Tapi tenang, sebenarnya Century Eggs adalah telur yang diawetkan beberapa bulan, bukan bertahun-tahun, apalagi satu abad. Century Eggs dikenal memiliki bau yang sangat kuat, berwarna hitam kecoklatan. Melihat warnanya saja pasti kamu jadi tak berselera menyantapnya. Tapi kalau penasaran sama rasanya, silakan coba, deh.

BACA JUGA: 5 Jenis Ras Kucing yang Paling Populer di Dunia, Kamu Suka yang Mana?

6. Casu Marzu

Sumber: allthatsinteresting.com

Untuk kamu para pecinta keju silakan rasakan sensasi Casu Marzu. Tapi ingat, keju ini bukan keju biasa, tapi keju yang diawetkan dengan cara tak lazim. Proses pembuatannya cukup memakan waktu. Pertama-tama keju dilubangi di beberapa bagian agar lalat yang hinggap dapat bertelur, kemudian seiring waktu telur tersebut akan menetas dan menjadi larva yang dibiarkan hidup di dalam keju. Casu Marzu memiliki aroma yang sangat menyengat hidung, tapi nggak sedikit orang Italia yang gemar menyantapnya.

Jangan ngaku wisatawan kuliner sejati kalau nggak pengin cobain tujuh makanan ekstrem di atas. Menurutmu makanan ekstrem mana nih yang paling lezat?

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
24
KAGET
111
SEDIH
26
TAKUT
52
LUCU
30
SENANG
21
SUKA
32
TERINSPIRASI
35
Komentar
76
Avatar
Admin
04 August 2021
lebih enak sate kambing.......
Avatar
Admin
04 May 2021
serem banget kalau gue makan
Avatar
Admin
25 April 2021
bisa di cb
Avatar
Admin
24 April 2021
cika
Avatar
Admin
20 April 2021
ngeri amat sih
Avatar
Admin
20 April 2021
kalo mkn sm mantan bisa di coba
Avatar
Admin
17 April 2021
mengerikan...
Avatar
Admin
17 April 2021
omg
Avatar
Admin
11 April 2021
maaf#telerrrrrrt
Avatar
Admin
07 April 2021
dikartu aku kok ngak bisa *363*333#sih gimana caranya biar bisa yg tau tolong kasi tau caranya