LOOP
ENTERTAINMENT

7 Macam Klise yang Sering Banget Muncul di Film, Kamu Pernah Lihat?

Loopers, inilah 8 klise dalam film yang sering terjadi. Loopers pernah menyadarinya gak?

Caesar Montri | 19 November 2020

Saat menonton suatu film, banyak dari kita merasa banyak adegan di dalamnya yang pernah muncul di film lain. Dan seringkali, kita akhirnya mengingat banyak film lain dengan plot dan adegan yang hampir persis sama. Merangkum dari Brightside, berikut ini adalah 8 hal klise dalam film yang sering terjadi.

1. The Cinderella Effect


Sumber: WB Pictures

Di urutan pertama adalah The Cinderella Effect. Maksudnya begini, di dalam film, plot yang paling sering dipakai adalah kisah tentang seorang gadis biasa. Si gadis (biasanya) berasal dari keluarga miskin yang bermimpi memiliki kehidupan indah dan cinta sejati. Nantinya, ia akan bertemu pangeran yang ia impikan. Tentu saja, ia akan menghadapi berbagai rintangan untuk menuju akhir bahagia yang akan terjadi di akhir cerita.

2. Transformasi yang Luar Biasa


Sumber: Happy Madison Pictures

Hal klise dalam film selanjutnya adalah transformasi luar biasa tokoh wanita buruk rupa menjadi sangat cantik. Sebenarnya (tidak) ada aktor perempuan yang benar-benar jelek dalam film Hollywood. Yang ada, justru pemeran perempuan yang sengaja didandani agar terlihat buruk rupa. Nantinya, perempuan buruk rupa itu akan bertransformasi menjadi sangat cantik, bahkan di antara pemeran perempuan lainnya.

3. Polisi yang Baik Digambarkan Telah Bercerai dengan Pasangannya


Sumber: CBS

Film kriminal dan detektif biasanya menggambarkan polisi yang baik adalah sosok kesepian sehingga hanya punya aktivitas untuk menegakkan keadilan. Polisi baik biasanya adalah duda yang “dibuang” oleh istrinya, yang meninggalkan ia bersama anaknya untuk menikah dengan pria lain.

Hal ini dianggap berkorelasi dengan prioritas sang polisi baik yang lebih mengutamakan pekerjaan dibanding keluarganya. Sosok polisi baik ini cenderung lebih mudah stres saat berada di tempat kerja dan tidak segan-segan menggunakan metode terlarang dalam menegakkan keadilan.

4. Sosok Pembunuh Maniak yang...


Sumber: True Detective

Sering dikisahkan memiliki gangguan mental. Orang waras mana yang akan menakut-nakuti korbannya dengan membawa gergaji mesin?

Selain itu, sosok pembunuh maniak sering digambarkan kurang punya logika dengan menyimpan semua bukti kejahatannya di dalam rumah. Sangat sering, mereka memajang berbagai foto saat membunuh yang ditempel di dinding khusus di dalam rumahnya.

5. Sosok Peneliti Diperankan oleh Wanita Muda


Sumber: 20th Century Fox

Sosok peneliti dalam film sering berwujud wanita muda yang menarik. Laboratorium di dalam film seringkali digambarkan sangat steril dan dilengkapi dengan teknologi terbaru. Selain itu, kita tidak akan menemukan wanita tua renta yang menjadi peneliti seperti di dunia nyata. Yang ada justru adalah sosok wanita muda, rapi, dan cantik yang telah menjadi peneliti ulung di laboratorium canggih.

6. Penjahat Adalah Ahli dalam Menyamar


Sumber: 20th Century Fox

Sosok penjahat seringkali digambarkan ahli dalam menyamar. Yang lebih aneh, solusi dalam menyamar para penjahat sangatlah seragam dengan menggunakan kacamata hitam ataupun topi baseball.

7. Adegan Ciuman dalam Ending Film Romantis


Sumber: Gravier Productions

Hal klise dalam film yang terakhir adalah adegan ciuman dalam ending film-film bergenre romansa. Biasanya, adegan ciuman akan memiliki latar pemandangan yang indah. Adakah hal yang semanis dan natural seperti itu dalam dunia nyata?

Well, itulah 8 hal klise dalam film yang sering terjadi. Loopers pernah menyadarinya gak? Jangan lupa isi paket internet dari loop agar selalu update informasi menarik lainnya seputar film ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
3
SEDIH
0
TAKUT
1
LUCU
2
SENANG
1
SUKA
5
TERINSPIRASI
3
Komentar
1
Avatar
Admin
23 November 2020
Oh gitu ya ternyata....