LOOP
LIFESTYLE & FASHION

7 Kesalahan Mencuci Rambut yang Harus Kamu Hindari

Jangan asal mencuci rambut, kesalahan-kesalahan ini juga harus dihindari agar mendapatkan tampilan yang cetar seperti dari salon

Mauliyana Puspa | 26 December 2020

Mungkin kamu menyadari perbedaan mencuci rambut sendiri dengan mencuci rambutmu di salon. Jika rambut terlihat lebih halus dan berkilau setelah keluar dari salon, rambut yang dicuci sendiri malah jadi tampak kering dan mengembang. Hmm, kenapa ya?

Mencuci rambut nggak sekadar menggosok rambut dan kulit kepala saja lho. Apabila kamu tidak melakukannya dengan benar, maka kelembapan rambutmu akan hilang. Nah, supaya rambut kamu tetap cetar dan berkilau, berikut ini kesalahan dalam mencuci rambut yang nggak boleh kamu lakukan. Apa saja ya?

 1. Mencuci Rambut dengan Air Hangat

Sumber : independent.co.uk

Air hangat bisa memberikan efek yang menenangkan. Tapi sebenarnya, air hangat punya efek yang buruk lho buat rambut kamu. Kelembapan rambutmu akan hilang kalau dicuci dengan air hangat. Jadi, lebih baik gunakan air dingin untuk menjaga rambut tetap lembab.

2. Menggaruk Kulit Kepala dengan Kuku

Sumber : instyle.com

Kamu sering melakukan hal ini? Kebiasaan ini tentu saja tidak baik untuk kulit kepala kamu. Selain melukai kulit kepala, menggaruk kulit kepala dengan kuku juga dapat memproduksi minyak semakin banyak. Pakai saja ujung jari tanganmu untuk menggaruk bagian kulit kepala.

Baca juga: Jenis-Jenis Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkannya

3. Sampo dan Kondisioner Berbeda Merek

Sumber : stylecraze.com

Biasanya, sampo dan kondisioner sudah dibuat berpasangan untuk mengoptimalkan fungsinya. Kalau kamu menggunakan merek yang berbeda, bisa jadi kamu tidak mendapatkan manfaat dari produk tersebut.

4. Rambut Kurang Basah

Sumber : nytimes.com

Mungkin kedengarannya sepele, tapi hal ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepalamu. Rambut yang kurang basah akan membuat sampo jadi tidak berbusa. Nah, tanpa busa yang cukup, rambut nggak akan jadi bersih.

5. Kurang Bersih dalam Membilas

Sumber : stylecraze.com

Pastikan busa sampo nggak tertinggal di rambut atau kulit kepala. Kurang bersih membilas bisa menyebabkan rambutmu jadi berketombe lho.

6. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Sumber : allthingshair.com

Mencuci rambut memang memberi kesegaran pada kulit kepalamu. Tapi jangan terlalu sering juga ya. Rambut memiliki kandungan minyak yang alami dan penting untuk menjaga kelembaban rambut. Terlalu sering mencucinya akan menghambat produksi minyak di rambut.

7. Terlalu Kencang Mengeringkan Rambut

Sumber : allthingshair.com

Saat mengeringkan rambut, usahakan tidak terlalu kencang menggosoknya, karena bisa membuat rambut cepat rusak dan menjadi rontok. Lebih baik keringkan secara perlahan dan biarkan handuk menyerap rambut yang basah.

Jadi, jangan lakukan kesalahan-kesalahan ini lagi ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
5
KAGET
4
SEDIH
7
TAKUT
7
LUCU
4
SENANG
8
SUKA
13
TERINSPIRASI
10
Komentar
1
Profile friends default
anonymous
27 December 2020