LOOP

SPORTAINMENT

Kamu Bingung Kenapa Sepakbola Dimainkan 11 Orang? Berikut Ini Penjelasannya!

Kenapa bermain bola 11 orang? Cek penjelasan selengkapnya di sini ya.

Dwi Ismanto | 10 April 2019

Ketika sedang menonton pertandingan sepakbola, apakah kamu sempat berpikir soal jumlah pemain bola yang berada di lapangan? Jika dilihat dari sejarahnya, ternyata perubahan olahraga paling populer di dunia ini sudah mengalami banyak perubahan lho termasuk jumlah pemain yang bermain.

Baca juga: Duh! Inilah Video Kocak Kegagalan Choupo-Moting di Depan Gawang Kosong yang Bikin Pesta Juara PSG Tertunda

Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah.

Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). 

Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sumber: YouTube

Baca juga: Kumpulan Fakta Menarik Seputar Perempat Final Liga Champions

Sebuah tim sepakbola disebut juga kesebelasan, karena terdiri dari 11 pemain yang aktif di lapangan. Kenapa harus 11 orang? Dulu ketika sepakbola pertama kali dimainkan, yaitu sekitar abad kedua dan ketiga sebelum Masehi, jumlah pemain sepakbola bukan 11 orang, melainkan 15 hingga 21 orang bahkan mencapai 50 orang.

Di abad ke-20, permainan sepak bola mulai memiliki peraturan-peraturan yang resmi, termasuk jumlah pemain. Tetapi, kenapa harus 11 orang dalam satu tim, alias 22 orang saat 2 tim bertanding? Kita tahu panjang lapangan sepak bola = 90 – 120 meter dan lebarnya = 45-90 meter.

Dengan ukuran itu, pergerakan 22 pemain di lapangan lebih leluasa untuk menghindari tekanan dari pemain lawan, seperti ketika menerima dan mengkontrol bola dan kemudian memutuskan langkah apa yang akan diambil.

Jika jumlah pemain lebih sedikit, pemain akan lebih cepat lelah. Sedangkan jika jumlah pemain yang berada di lapangan lebih dari 22 orang, lapangan akan terasa sempit, pemain tidak leuasa bergerak. Akibatnya, permainan sepakbola terasa membosankan dan tidak menarik untuk ditonton seperti sekarang.

Jangan lupa, isi paket internet dari loop agar selalu update seputar informasi sepakbola terkini ya!

Baca juga: 5 Peraturan Baru Sepakbola Ini Bakal Diterapkan Musim Depan, Apa aja Ya?

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
17
KAGET
20
SEDIH
20
TAKUT
14
LUCU
18
SENANG
18
SUKA
18
TERINSPIRASI
17
Komentar
0