LOOP
LIFESTYLE & FASHION

Kenali 5 Teknik Membatik Berikut Ini! Biar Nggak Salah Kenal

ario suapdnomo | 13 October 2020

Loopers, dalam rangka memperingati hari batik tanggal 2 Oktober, Loop kali ini bakalan bahas tentang teknik-teknik pembuatan batik nih. Batik memang salah satu dari budaya asli Indonesia yang diakui oleh UNICEF lho. Batik diciptakan dari kreasi para seniman yang berjiwa seni tinggi. Di Indonesia, hampir setiap daerahnya punya berbagai macam motif, ciri khas, makna simboliknya dan juga teknik pembuatannya. Nah, daripada bingung, mendingan Loopers simak aja deh teknik pembuatan batik yang umum itu kayak gimana, simak dibawah ini ya!

Teknik Canting Tulis

Loopers, kalau kamu sudah mengenal batik, nggak afdol kalau kamu belum mengenal yang namanya canting.  Canting ini alat khas Jawa yang digunakan untuk membatik. Dari alat inilah, teknik canting mulai dikenal di masyarakat Jawa. Loopers, canting ini fungsinya buat menuliskan motif batik diatas kain mori. Canting diisi dengan cairan malam terlebih dahulu lalu kain bisa dicelupkan ke pewarna. Nah pada bagian yang sudah ditulis ini nggak bakal luntur terkena warna. Teknik ini membutuhkan jiwa seniman dan ketelitian yang tinggi lho Loopers. Maka dari itu, harga batik tulis ini sangat mahal.

Mau pulsa gratis dari Telkomsel? Yuk, main game Ikuti Aku dan Panjat Seru yang berhadiah pulsa total jutaan rupiah setiap minggu. Klik banner di bawah untuk mulai bermain game-nya!

Teknik Celup Ikat

Teknik ini mungkin sudah pernah kamu pelajari di sekolah ya karenateknik ini sangatlah mudah. Pembuatan motif pada kain dibuat dengan cara mengikat sebagian kain lalu dicelupkan kedalam cairan pewarna. Habis itu, ikatan dibuka, nah pada kain yang terikat ini pasti nggak terkena warna kan. Inilah yang bakalan jadi motif pada batik. Teknik celup ikat juga dikenal dengan nama jumputan, tritik, sasirangan dan pelangi.

Teknik Printing

Teknik printing ini diprint dengan alat printing. Proses pewarnaan pada batik printing ini hanya diwarnai pada satu sisi kainnya aja Loopers. Jadi pada proses produksinya lebih efisien dan lebih cepat. Bayangin aja dalam sekali cetak, satu warna itu hanya butuh waktu 5 menit saja lho Loopers. Nggak hanya itu, alat printing ini sangat canggih jadi motif batiknya bakalan lebih detail lho.

Teknik Cap

Teknik cap ini menggunakan alat canting cap yang timbul, dimana canting cap ini bakalan dicelupkan di cairan malam lalu dicapkan ke kain mori. Kelebihan dari teknik ini bisa lebih cepat dalam pemalaman.

Teknik Colet

Loopers, kamu pasti pernah melihat batik dengan warna yang beda. Nah proses pembuatan dengan warna yang berbeda ini menggunakan teknik colet. Teknik ini akrab disapa dengan teknik lukis. Pembatik harus mengoleskan pewarna kain atau pewarna kain lainnya dengan menggunakan kuas lalu melukiskan motif diatas kain mori. Looper, teknik ini membutuhkan jiwa seni yang tinggi karena untuk membuat motif harus jeli, warnanya bisa menyatu. Semakin bagus motifnya, bakalan semakin tinggi pula harganya.

Loopers, kalau kamu sudah mengenal berbagai macam teknik batik ini, apa kamu masih nggak mau pakai batik buatan seniman Indonesia?

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
719
KAGET
644
SEDIH
587
TAKUT
584
LUCU
602
SENANG
1024
SUKA
1144
TERINSPIRASI
1324
Komentar
7
Profile friends default
anonymous
11 September 2020
Terinspirasi
Avatar
Admin
09 June 2020
oke
Profile friends default
Ahmad Anaglyph
27 March 2018
Yg Namanya Benar-benar Batik Menurut Aku ya yg Pakai Malam ( Lilin ) Proses Pembuatannya,Kalau Printing .enurut Aku Bukan Batik...
Maxresdefault
Eres
06 May 2017
ok save batik
112d0660fb93a3ee47aa84029dd397e8
Leo prakoso
30 March 2017
cintai tradisi membatik
Gamer
Squad
14 February 2017
ok nih
Profile friends default
ivan
26 January 2017
keren deeh