LOOP
DAILY LIFE

Mengerikan! Inilah 7 Kecelakaan Kereta Terparah di Dunia Sepanjang Sejarah

Beruntung anjloknya commuter line Minggu silam tak seberapa jika dibandingkan dengan tujuh kecelakaan kereta terparah ini

Bayu Bahrul | 12 March 2019

Hari Minggu (10/03/2019) sekitar pukul 10.15, kereta rel listrik jurusan Jakarta-Bogor anjlok di daerah Kebon Pedes, Bogor. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Omong-omong tentang kecelakaan kereta api, mungkin sebagian dari kamu menganggap kereta api adalah alat transportasi yang aman. Dan memang benar, kecelakaan kereta api memang jarang terjadi. Tapi di sisi lain, jumlah korban jiwa yang disebabkan transportasi rel bisa jauh lebih tinggi dibanding kecelakaan di jalan raya. Berikut ini tujuh kecelakaan kereta api terparah yang pernah terjadi.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Mainan Paling Mahal di Dunia, Harganya Lebih dari Rumah!

1. Queen of the Sea Land, Sri Lanka

Sumber: newsradio.lk

Kecelakaan kereta paling parah terjadi di Sri Lanka pada Desember 2004. Nahasnya, kecelakaan ini bukan disebabkan oleh kesalahan manusia, melainkan bencana alam. Kala itu, sebuah kereta yang mengangkut ribuan penumpang di Queen of the Sea Land disapu tsunami saat tengah melaju. Para korban yang berdesakkan di delapan gerbong tak bisa melarikan diri dari dalam kereta, hingga akhirnya kereta terguling dan hancur disapu dua gelombang tsunami. Dalam tragedi tersebut, sekitar 1700 orang meninggal dunia.

2. Bihar, India

Sumber: indiatoday.in

Pada tahun 1981, kereta yang mengangkut sekitar 1000 orang di Bihar, India anjlok saat melintas di jembatan rel di atas sungai Bagmati. Anjloknya kereta disebabkan terpaan angin topan yang membuat kereta keluar jalur dan terjun bebas ke sungai. Sebagian besar penumpang, atau sekitar 800 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

3. Kecelakaan kereta Saint-Michel-de-Maurienne, Perancis

Sumber: wikiwand.com

Ketika tengah melaju kencang, kereta uap Saint-Michel-de-Maurienne mengalami rem blong yang berujung kereta anjlok dan terjun ke suatu lembah. Peristiwa tersebut terjadi pada Desember 1917, tak lama setelah kereta yang membawa sekitar 1000 penumpang tersebut berangkat dari stasiun Modane. Akibat kecelakaan itu, lebih dari 700 nyawa melayang.

4. Awash, Ethiopia

Sumber: global-geography.org

Hingga saat ini, tergelincirnya kereta di Awash, Ethiopia tahun 1985, masih tercatat sebagai kecelakaan kereta terparah di Afrika. Saat itu sebuah kereta tergelincir dan anjlok di tikungan saat melintasi jembatan antara stasiun kereta Arba dan Awash di jalur Kereta Api Addis Ababa-Djibouti. Keempat gerbong kereta terjun ke jurang di Sungai Awash, merenggut setidaknya 400 nyawa.

5. Al Ayyat, Mesir

Sumber: sfgate.com

Pada Februari 2002, ledakan di salah satu gerbong kereta mengakibatkan kecelakaan hebat yang merenggut 383 nyawa. Ledakan dipicu oleh silinder gas di gerbong 5, dan api begitu cepat menyebar ke seluruh badan kereta. Nahasnya, masinis sama sekali tak menyadari adanya ledakan. Kereta yang berkobar terus melaju sejauh 6,4 kilometer hingga akhirnya berhenti di kawasan Al-Ayyat. Sebagian penumpang mencoba melompat dari kereta yang tengah melaju kencang, namun nyawa mereka tak terselamatkan.

6. Firozabad, India

Sumber: thelallantop.com

Bencana kereta api ini terjadi pada 20 Agustus 1995, di dekat Firozabad, tepatnya di jalur rel utara India Delhi-Kanpur. Pada saat itu, sebuah kereta yang berheti setelah menabrak seekor sapi diterjang kereta di jalur yang sama, menyebabkan 358 nyawa melayang. Mungkin inilah kecelakaan  kereta yang hanya terjadi di negara yang menganggap sapi sebagai hewan suci.

BACA JUGA: Bikin Merinding! Inilah 7 Rumah yang Terkenal Paling Angker dari Seluruh Dunia!

7. Lembah Anal, Sumatera Barat, Indonesia

Sumber: dakwahpost.com

Peristiwa anjloknya kereta di Lembah Anal 25 Desember 1944 menghilangkan 200 nyawa penumpang, sementara 250 lainnya terluka. Menurut kabar, kecelakaan tersebut diakibatkan rem kereta yang blong saat melintasi jalur yang terjal.

Beruntung anjloknya kereta commuter line Minggu lalu tak sampai memakan korban jiwa seperti tujuh kecelakaan kereta terparah di atas. Semoga saja di masa mendatang tak ada tragedi serupa, ya. Jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar, Loopers!

Suka baca info-info menarik di internet? Pastikan dulu koneksi internetmu bebas gangguan. Yuk, aktifkan paket data Loop buar internetannya lancar!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
7
KAGET
11
SEDIH
10
TAKUT
5
LUCU
4
SENANG
5
SUKA
5
TERINSPIRASI
6
Komentar
0