LOOP
DAILY LIFE

7 Jurusan Kuliah yang Cocok Banget sama Anak IPA

Masih bingung pilih yang mana? Ini dia jurusan yang cocok untuk anak IPA.

Rahelia Peni Lestari | 08 December 2020

Memilih jurusan kuliah tentu hal yang nggak mudah untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Jurusan yang akan kamu jalani 4-5 tahun ke depan ini bisa menentukan karier yang menantimu setelah lulus. Untuk kamu anak IPA, jika kamu sudah tahu apa yang ingin kamu kerjakan saat kerja nanti, apa kamu tahu jurusan apa yang bisa kamu ambil? Kali ini, Ilmupedia merangkum jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA. Yuk kita simak!

1. Farmasi

Sumber: pexels.com

Ingin menciptakan obat mujarab untuk berbagai penyakit? Jurusan Farmasi bisa jadi jawabannya. Dengan banyaknya penyakit yang ada pada masa kini, farmasi jadi jurusan yang nggak kalah pentingnya dengan jurusan kedokteran dan ilmu pasti lainnya.

Di jurusan ini, kamu akan diajarkan struktur senyawa obat, reaksi obat pada tubuh dan penyakit, riset tentang obat dan vaksin, dan masih banyak lagi. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka pelajaran kimia dan biologi. Lewat jurusan ini juga, kamu bisa jadi spesialis kimia, apoteker dan ahli Obat-obatan.

2. Pendidikan Dokter

Sumber: pexels.com

Kedokteran memang jurusan yang selalu laku di seluruh dunia. Kebutuhan akan dokter nggak akan ada habisnya selama umat manusia belum punah. Sama seperti game di konsol dan handphonemu, jurusan kedokteran termasuk jurusan yang mengharuskan kamu belajar sangat lama terlebih dahulu sebelum kamu bisa meraup keuntungan. Tapi di luar pengaruh ekonominya, lulusan jurusan ini akan sangat membantu masyarakat. Buat kamu yang suka biologi, kamu pasti senang dengan jurusan ini.

3. Astronomi

Sumber: pexels.com

Kuliah jurusan astronomi bukan berati belajar tentang nama-nama horoskop ya. Anak-anak jurusan ini akan belajar tentang benda-benda di luar bumi dan pengaruhnya terhadap bumi, gravitasi, dan pemetaan. Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang suka belajar fisika. Setelah lulus, kamu bisa jadi astronom, pengajar ilmu atmosfer, ilmu kelautan. ilmu luar angkasa, dan lain sebagainya.

4. Statistika

Sumber: pexels.com

Ilmu Statistika memang terdengar seperti jurusan yang membosankan. Tetapi, di balik semua angka itu, ilmu statistika sangatlah penting perannya dalam sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan akan bergantung pada ilmu statistika untuk melihat pergerakan pasar. Kamu yang jago matematika akan senang berada di jurusan ini. Setelah lulus kuliah, kamu bisa jadi aktuaria dan ahli statistik.

5. Biokimia

Sumber: pexels.com

Jangkauan biokimia sangatlah luas. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang peranan molekul dalam reaksi kimia. Kamu juga akan mempelajari proses pada organisme dari yang sederhana hingga yang kompleks. Kamu yang giat di bidang biologi dan kimia cocok belajar di jurusan ini. Kamu bisa jadi peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul dan sel, dan ahli biokimia dan biofisika.

6. Kehutanan

Sumber: pexels.com

Indonesia adalah negara yang masih memiliki banyak lahan yang berupa hutan. Karenanya, jurusan ini sangat penting untuk dipelajari. Di jurusan ini kamu akan belajar ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, hingga manajemen hasil hutan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka biologi dan fisika. Kamu bisa jadi konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan, dan pengawas hutan.

7. Teknik Industri

Sumber: pexels.com

Terakhir adalah teknik industri. Dunia teknik akan selalu membutuhkan orang baru untuk menciptakan alat-alat yang dapat mempermudah hidup manusia. Di jurusan ini, kamu akan belajar proses industri dari sisi manajemen dan teknik. Jurusan ini cocok untuk yang suka matematika. Kamu bisa jadi insinyur sipil, ahli teknik manufaktur, dan sales engineer.

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Anak IPS, Kamu Setuju Nggak Nih?

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
2
KAGET
0
SEDIH
2
TAKUT
2
LUCU
3
SENANG
6
SUKA
22
TERINSPIRASI
17
Komentar
1
Avatar
Admin
20 February 2021
Rp750000