LOOP
DAILY LIFE

Berminat Kerja di Luar Negeri? 7 Jurusan Kuliah Ini Bisa Bantu Wujudkan Impian Kamu

Jurusan apa saja ya yang bisa menerbangkanmu ke luar negeri?

Rahelia Peni Lestari | 13 December 2020

Ada banyak profesi yang bisa membuat kita bangga mengerjakannya. Dari begitu banyaknya profesi, ada juga pekerjaan yang bisa membawamu ke negeri orang. Jurusan pekerjaan apa saja ya yang bisa membawamu bekerja ke luar negeri?

1. Perawat

Sumber: pexels.com

Jurusan Keperawatan mungkin kurang pamor di Indonesia. Padahal, jurusan ini sangat dibutuhkan di luar negeri, terlebih untuk negara-negara seperti Jepang, Australia dan Amerika. Tertarik?

2. Farmasi

Sumber: pexels.com

Jurusan farmasi juga sering dipandang sebelah mata di tanah air. Padahal, di luar negeri, jurusan farmasi sering dianggap setara dengan jurusan kedokteran. Jika kamu lulusan farmasi, kesempatan kamu mendapat gaji besar di luar negeri sangat tinggi lho.

3. Pariwisata

Sumber: pexels.com

Semakin kini, orang Indonesia semakin sering berwisata. Indonesia pun tak pernah kehabisan surga tersembunyi untuk dicari oleh para wisatawan. Sebab itu, jurusan pariwisata kian berkembang dan dibutuhkan di banyak tempat, mau itu di dalam negeri ataupun luar negeri. Kamu juga bisa jadi konsultan wisata dan diplomat untuk mempromosikan wisata dalam negeri.

4. Teknik Sipil

Sumber: pexels.com

Teknik sipil adalah jurusan yang selalu dibutuhkan di banyak tempat. Dengan memiliki titel dari jurusan ini, kamu bisa jadi orang yang sangat dibutuhkan di negara-negara yang membutuhkan tenaga kerja teknik seperti Korea, Jepang, dan Jerman. Cukup sulit mendapatkan titelnya, tetapi hasilnya akan setara dengan apa yang kamu kejar. Ada sangat banyak juga beasiswa yang bisa kamu kejar ke luar negeri untuk jurusan ini.

Baca juga: 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

5. Bahasa Indonesia

Sumber: pexels.com

Jurusan Bahasa Indonesia, yang ironisnya justru sering dipandang sebelah mata di Indonesia, bisa juga membawamu bekerja di luar negeri. Setidaknya bekerja di negara tetangga deh.

Orang Indonesia asli selalu dibutuhkan sebagai tenaga pengajar di negara seperti Malaysia, Singapura, dan Australia. Kalau kamu kejar profesi ini, kamu pasti bisa ke luar negeri dengan berbekal ilmu Bahasa Indonesia, tentu ditambah sedikit kemampuan bahasa Inggris.

6. Jurnalisme

Sumber: pexels.com

Jurusan yang satu ini juga bisa membawamu ke luar negeri. Sebagai reporter, nantinya kamu bisa dipercaya untuk meliput berita di banyak tempat, termasuk luar negeri. Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang up-to-date dan berjiwa petualang.

7. Tata Busana

Sumber: pexels.com

Jurusan ini juga sangat dibutuhkan di luar negeri. Di dalam negeri, jurusan desain fashion bisa memberikanmu uang yang banyak, sementara jurusan tata busana hanya dianggap sebagai tukang jahit. Padahal, tenaga lulusan tata busana di negara-negara maju seperti Amerika, Perancis, dan Jepang sangatlah dibutuhkan dan akan dibayar dengan harga yang lebih tinggi dibanding desainer lho.

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
7
KAGET
14
SEDIH
16
TAKUT
19
LUCU
10
SENANG
31
SUKA
49
TERINSPIRASI
85
Komentar
5
Avatar
Admin
28 May 2022
the good inspiration
Avatar
Admin
16 December 2020
suka artikel nx mdh2 an bs jd inspirasi muda mudi d indonesia.
Avatar
Admin
16 December 2020
suka artikel nx mdh2 an bs jd inspirasi muda mudi d indonesia.
Avatar
Admin
16 December 2020
suka artikel nx mdh2 an bs jd inspirasi muda mudi d indonesia.
Avatar
Admin
14 December 2020
wow....