LOOP
DAILY LIFE

3 Jenis Investasi yang Cocok di Masa Pandemi

Panduan untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi selama pandemi

Master Admin | 08 December 2020

Nggak satu pun orang yang mengharapkan terjadinya pandemi di awal tahun ini. Tapi, karena sudah terlanjur terjadi, yang dapat kita lakukan sekarang adalah meminimalisir dampak negatif pandemi. 

Selain itu, pandemi Covid-19 juga megubah kebiasaan kita. Misalnya, kebiasaan dan pola hidup yang menjadi lebih sehat, menyadari pentingnya tabungan untuk berjaga-jaga dari situasi yang tidak bisa diprediksi, sampai berinvestasi untuk menambah penghasilan di tengah pandemi.

Hanya saja, banyaknya jenis investasi membuat banyak orang ragu dan bingung untuk memulai. Kalau kamu merasa demikian, Felicia Putri punya jawaban yang mungkin bisa membantumu memulai investasi.

Menurut Felicia di Kelas Online Ilmupedia: Investasi Anti Pandemi, ada tiga jenis investasi yang cocok diterapkan di masa pandemi. Apa saja?

1. Emas

Sumber: pxhere.com

Alasan Felicia memasukkan emas sebagai pilihan investasi di masa pandemi karena nilai emas yang cenderung naik di tengah situasi dan kondisi saat ini. Meski bisa mengalami penurunan, harga emas diprediksi akan terus naik dalam jangka panjang.

Contohnya bisa kamu lihat dari harga emas beberapa bulan belakangan ini. Dari yang awalnya Rp800 ribu per gram naik menjadi sejuta lebih, setelah itu turun lagi menjadi Rp900 ribuan per gram. Dan nanti harganya diprediksi akan naik lagi, meski dalam beberapa titik mungkin akan mengalami penurunan yang minim.

Kalau lihat contoh di atas sih, wajar saja kalau Felicia menyarankan emas sebagai salah satu investasi jangka panjang yang bisa mulai kamu coba di masa pandemi.

2. Obligasi Negara

Sumber: pikist.com

Instrumen investasi kedua yang bisa dipilih saat pandemi adalah bunga hutang atau obligasi negara. Obligasi seperti Surat Berharga Negara atau Sukuk Ritel bisa kamu jadikan opsi karena bunganya tetap dan dijamin oleh negara. Keuntungan lainnya, timbal balik dari obligasi negara juga lebih tinggi dari deposito biasa. 

Selain itu, kalau kamu melakukan investasi di obligasi negara, kamu juga turut membantu perekonomian negara karena mereka nggak perlu hutang negara lain untuk membangun infrastruktur.

Uang dari obligasi negara ini juga digunakan untuk kepentingan bersama seperti pembangungan atau renovasi sekolah, jalan raya, sampai infrastruktur lainnya. Daripada nyinyirin negara pas hutang ke negara lain, mending ikut bantu negara dengan investasi di obligasi negara. Iya nggak?

3. Reksadana Pasar Uang

Sumber: pixabay.com

Selain emas dan obligasi negara, kamu juga bisa memilih instrumen investasi reksadana pasar uang (RDPU). Keunggulan RDPU berada pada imbalan yang lumayan besar, sekitar 5-6%. Selain itu, RDPU juga bisa diperjualbelikan kapan saja saat kamu mau.

Tapi, bentuk investasi RDPU biasanya berupa deposito bank atau surat hutang yang kurang dari satu tahun, jadi RDPU hanya cocok untuk investasi jangka pendek.

Dari ketiga investasi di atas, masing-masing memiliki karakteristik seperti keuntungan yang didapat, risiko, minimal pembelian, sampai cara pembelian. Nah, kalau kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut soal ketiga investasi tersebut, kamu bisa menonton penjelasan lebih lengkapnya di kelas online Investasi Anti Pandemi di sini.

Di kelas tersebut, Felicia menjelaskan secara lengkap soal investasi, terlebih untuk pemula yang belum pernah melakukan investasi sebelumnya. Nah, kalau misalnya kamu sudah selesai nonton tapi masih bingung juga, jangan ragu untuk bertanya di kolom diskusi ya.

Yuk, tonton videonya dan mulai berinvestasi dari sekarang!

Aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

 

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
1
KAGET
0
SEDIH
3
TAKUT
1
LUCU
0
SENANG
2
SUKA
5
TERINSPIRASI
2
Komentar
4
Avatar
Admin
07 April 2021
anjing cukk.... mw dpt dr mana investasinya... berkelas bangsawan Wira Negara
Avatar
Admin
10 December 2020
Tak jelas
Avatar
Admin
10 December 2020
Tak jelas
Avatar
Admin
09 December 2020
krn semua anak anak bangsa harus terus belajar dirumah.. karna pandemi ini bener 2 kena dampaknya kesemua nya.. smoga musibah ini cepat berlalu agar anak anak bangsa semuanya menjadi anak2 yang pintar dan cerdas