LOOP
DAILY LIFE

5 Kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Lakukan lewat Video Conference Selain Belajar Online

Video conference nggak selalu berkaitan dengan kegiatan formal

Master Admin | 01 December 2020

Sebelum masa pandemi, sepertinya nggak banyak pelajar dan mahasiswa yang mengandalkan video conference sebagai media pembelajaran. Tapi sejak diberlakukannya pembatasan sosial, hal itu mulai berubah. Video conference kini mulai populer dan seakan jadi penyelamat bagi mereka yang ingin menamatkan pendidikan di tengah pandemi.

Tapi apa kamu tahu, selain digunakan sebagai ruang belajar online, video conference juga ternyata bisa digunakan untuk kegiatan menarik yang mungkin belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Hmm… Apa saja sih kegiatan menarik yang bisa dilakukan lewat video conference?

1. Ikutan Webinar

Sumber: pixabay.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah ini, dan mungkin pernah ikutan satu atau dua kali. Yup, webinar adalah seminar yang dilakukan melalui internet.

Biasanya, materi yang dibahas dalam webinar sangat beragam, mencakup banyak materi dan bidang ilmu sehingga kamu bisa mendaftar sesuai minat. Kalau kamu punya minat di bidang tertentu dan ingin mendalami itu, coba browsing di internet, siapa tahu ada webinar yang bisa kamu ikuti. Belajar sesuai minat tentu bikin kamu lebih semangat, bukan?

Kabar baiknya, di masa pandemi ini cukup banyak webinar yang bisa kamu ikuti secara gratis. Itu jadi peluang kamu untuk belajar skill baru.

2. Belajar Kelompok

Sumber: study.com

Belajar kelompok tanpa keluar rumah? Bisa kok, pakai aja video conference. Tapi, seberapa sering kamu belajar kelompok via video conference? Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum pernah ngelakuinnya sama sekali. Padahal, belajar kelompok bareng teman itu jelas lebih asyik daripada ikut kelas biasa. Kamu bisa belajar dengan lebih rileks, atau sambil seru-seruan bareng teman.

Buat kamu yang pengin belajar kelompok via video conference, kamu bisa langsung buka kelas sendiri lewat Ilmupedia Online Class! Caranya:

1. Kunjungi ilmupedia.co.id/ilmupedia

2. Klik menu Buka Kelas Konferensi Gratis

3. Isi data yang diperlukan

4. Aktifkan kode privasi ruangan kelas jika diperlukan

5. Bagikan link ruangan ke temanmu yang ingin bergabung

Gimana, gampang banget kaaan? Yuk, mulai buka kelas online bareng temanmu di link ini!

2. Rapat Osis

Sumber: id.pinterest.com

Kegiatan organisasi tetap harus jalan meskipun sekolah libur, bukan? Nah, kamu yang berhalangan keluar rumah karena pandemi atau alasan lainnya, bisa coba pakai video conference untuk rapat Osis online.

Ingat, banyak hal yang bisa kamu pelajari dari kegiatan organisasi dan itu bakal jadi pengalaman berharga buat masa depanmu nanti. Makanya, jangan biarkan kegiatan organisasi putus begitu saja karena terhambat pandemi.

3. Reuni

Sumber: pxhere.com

Punya rencana reuni, tapi belum sempat terwujud karena terhalang jarak dan waktu? Apalagi di tengah pandemi seperti ini, reuni mungkin cuma jadi sebatas wacana (omongan) aja.

Kalau kamu dan temanmu merasa demikian, video conference bisa jadi solusinya. Coba buka video conference bareng teman-teman sekolahmu dulu. Selain berbincang-bincang, tentukan juga hal apa saja yang perlu dilakukan biar suasananya kayak reuni beneran.

Kalian memang nggak akan bisa ngelakuin kegiatan seru yang perlu kontak fisik. Tapi setidaknya, itu sudah cukup untuk mengobati rindu.

4. Membuat Kejutan

Sumber: pixabay.com

Tahukah kamu kalau video conference juga bisa jadi media buat bikin kejutan?

Misalnya, kamu ingin memberikan kejutan ulang tahun untuk pacar, kamu bisa kumpulkan teman-temanmu dan teman-teman doi dalam satu ruang video conference. Susun rencana kejutan dan tambahkan pacarmu ke ruangan conference setelah semuanya siap.

Nggak harus pacar sih, sahabat atau keluarga juga bisa kamu kasih kejutan dengan cara ini. Sstt… jangan lupa aktifkan screen recorder untuk dokumentasi!

5. Virtual Tour

Sumber: commons.wikimedia.com

Virtual tour atau perjalanan virtual umumnya memanfaatkan teknologi VR dengan kacamata khusus. Tapi, kamu juga bisa membuat virtual tour sederhana dengan memanfaatkan video conference. Cukup satu orang aja yang pergi ke destinasi wisata sebagai pemandu. Sisanya, tinggal mengikuti tour lewat video conference.

Tuh kan, kamu nggak perlu khawatir rencana liburanmu gagal kalau pakai cara ini.

Sampai sini kamu pasti setuju kalau video conference nggak selalu berhubungan dengan kegiatan formal seperti meeting dan belajar online. Kamu juga bisa menggunakan teknologi ini untuk bersenang-senang bareng siapa saja dan dari mana saja. Semoga bermanfaat!

Buat kamu yang belum tahu, Ilmupedia punya paket data irit yang kasih kamu kuota internet khusus belajar online di banyak platform edukasi. Harganya mulai dari Rp2300 aja, kuotanya sampai 20 GB! Yuk beli paket datanya di alamat ini!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
2
SEDIH
1
TAKUT
2
LUCU
3
SENANG
8
SUKA
5
TERINSPIRASI
3
Komentar
2
Avatar
Admin
02 December 2020
seneng
Avatar
Admin
02 December 2020
senang