LOOP
DAILY LIFE

7 Fakta Unik tentang Pesawat Terbang, Kamu Pasti Belum Tahu Nih!

Fakta yang menjawab pertanyaanmu mengenai pesawat terbang. Yuk, perluas wawasanmu dengan membaca artikel ini!

Bayu Bahrul | 06 December 2020

Pernah naik pesawat terbang? Tahu kah kamu mengapa sebagian besar pesawat berwarna putih? Kenapa pintu pesawat di sebelah kiri? Dan mengapa bentuk jendelanya bulat? Yup, pertanyaan tersebut mungkin terkesan sepele. Tapi faktanya, semua hal yang ada pada pesawat terbang itu penting, dan telah dirancang dengan hati-hati. Alasannya, kemungkinan manusia selamat dari kecelakaan pesawat terbang lebih kecil dibanding transportasi lainnya. Kali ini kita bakal bahas 7 fakta tentang pesawat terbang yang jarang diketahui orang.

Coba simak daftar yang dilansir dari Brightside ini, siapa tahu bisa memperluas wawasan kamu.

BACA JUGA: Kata Siapa Menyedihkan? Ini Keuntungan Jadi Jomblo di Hari Valentine

1. Mengapa Jendela Pesawat Bundar?

Sumber: videoblocks.com

Awalnya, sekitar tahun 1950-an, pesawat komersil masih mengambil desain jendela berbentuk kotak, bukan bulat. Pada masa itu sempat terjadi beberapa kecelakaan pesawat yang akhirnya dinyatakan terjadi akibat bentuk jendela yang kotak. Tekanan angin yang kuat bertabrakan dengan sudut jendela dan memengaruhi kelancaran penerbangan. Akhirnya diciptakanlah jendela bundar agar penerbangan lebih aman.

2. Kenapa Semua Pesawat Komersil Berwarna Putih?

Sumber: pixabay.com

Kenapa nggak biru, merah, atau pink saja? Nah, ternyata ada beberapa alasan mengapa kebanyakan maskapai mencat pesawat dengan warna putih:

- Memantulkan energi panas

- Cat putih lebih murah dan irit

- Mencegah bertabrakan dengan burung

- Dengan menggunakan warna putih, insinyur jadi lebih gampang mendeteksi  retak dan penyok di badan pesawat.

Begitu.

3. Mengapa Pintu Penumpang Ada di Sebelah Kiri?

Sumber: videohive.com

Sebagian besar pesawat terbang punya pintu penumpang di bagian kiri, kenapa, ya? Yup, karena bagian kanan digunakan untuk kargo (penyimpanan barang), jadi bakal hectic kalau dilalui oleh penumpang juga. Ada pula teori yang menyebut pintu pesawat terinspirasi dari jalan keluar kapal yang selalu ada di sebelah kiri.

4. Mengapa Sebagian Pesawat Berbentuk Aneh?

Sumber: phys.org

Sudah pernah lihat pesawat di atas kan? Dinamai stealth aircraft alias pesawat siluman, bentuknya dirancang agar tak mudah terdeteksi radar, sonar, infra merah, dan perangkat pendeteksi lainnya.

5. Mengapa Pilot Tak Boleh Berjanggut?

Sumber: moneysmart.id

Pernah lihat pilot berjanggut? Mungkin pernah, tapi faktanya, sebagian besar pilot dianjurkan tak memiliki janggut. Alasannya, janggut bisa bikin masker oksigen nggak muat di wajah pilot dan mencegah tabung oksigen bekerja dengan baik.

6. Sebagian Pesawat Punya Bentuk Moncong yang Berbeda, Kenapa?

Sumber: aircraftnerds.com

Moncong pesawat militer umumnya lebih lancip ketimbang pesawat komersil. Semakin lancip moncong pesawat, semakin cepat lajunya. Tapi, moncong pesawat yang panjang dapat mencegah pilot melihat landasan dengan baik. Itulah mengapa pesawat penumpang memiliki moncong yang lebih pendek dan bundar.

BACA JUGA: Tanda-Tanda Pasanganmu Setia, Jangan Sampai Dia Kabur!

7. Apa Fungsi Lekukan di Ujung Sayap Pesawat?

Sumber: pixabay.com

Selama penerbangan, tekanan angin lebih tinggi di bagian bawah sayap. Angin cenderung bergerak dari tekanan tinggi di bawah sayap menuju tekanan rendah di bagian atas di sekitar ujung sayap. Oleh karena itu sayap pesawat dibuat melekuk ke atas agar dapat mengurangi tingkat turbulensi dan menghemat bahan bakar.

Gimana, apakah 7 fakta tentang pesawat di atas sudah cukup menambah wawasanmu? Nggak banyak orang yang tahu lho, share artikel ini ke teman-temanmu, ya!

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
6
KAGET
7
SEDIH
11
TAKUT
5
LUCU
8
SENANG
13
SUKA
18
TERINSPIRASI
25
Komentar
6
Avatar
Admin
04 April 2022
sangat bagus dan mudah di fahami
Avatar
Admin
06 April 2021
yes
Avatar
Admin
17 December 2020
gue jadi terinspirasi
Avatar
Admin
08 December 2020
Nice news.. Good
Avatar
Admin
07 December 2020
good
Avatar
Admin
07 December 2020
bagus ceritanya