LOOP
LIFESTYLE & FASHION

6 Jenis Bekas Jerawat dan Cara Ampuh buat Menghilangkannya

Bekas jerawat emang bikin nggak pede! Coba deh cari tahu cara mengatasi jenis-jenis bekas jerawat berikut ini..

Mauliyana Puspa | 25 December 2020

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, apalagi kalau bekas jerawatnya nggak bisa hilang. Rasanya jadi nggak mood seharian, karena merasa orang lain fokus melihat wajah kamu.

Di sini kita akan membahas jenis-jenis bekas jerawat dan cara menghilangkannya. Penting banget untuk kamu ketahui! Meskipun, kamu mesti ingat, perlu waktu yang nggak sebentar dan perawatan tertentu untuk dapat menghilangkan bekas jerawat.Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Apalagi kalau bekas jerawatnya nggak bisa hilang. Rasanya jadi nggak mood seharian, karena merasa orang lain fokus melihat wajah kamu. Perlu waktu yang lama dan perawatan tertentu untuk dapat menghilangkan bekas jerawat. 

1. Box Scar

Sumber : acne.org

Jenis bekas jerawat satu ini terjadi pada kulit yang mengalami jerawat meradang. Apabila ice pick telah mencapai lapisan dermis, box scar justru tidak tampak terlalu dalam. Namun sayangnya, bekas jerawat ini terlihat lebih jelas dengan bentuk seperti box.

Cara menghilangkannya adalah melakukan punch-out excisionderma filler, atau laser resurfacing.

2. Ice Pick

Sumber : medicinenet.com

Ice pick biasanya berbentuk menyerupai pori-pori kosong dan besar. Hampir sama seperti box scar, bekas jerawat ini muncul karena adanya peradangan pada kulit. Bekas jerawat yang satu ini paling sulit untuk dihilangkan. Ice pick ini bisa kamu tangani dengan teknik punch-out excision hingga cangkok kulit.

Baca juga: Mulai dari Lendir Siput Hingga Pakai Kotoran Burung, Ini 7 Perawatan Kecantikan yang Paling Aneh!

3. Rolling Scar

Sumber : acne.org

Berbeda dengan ice pick dan box scarrolling scar berbentuk seperti gelombang. Bekas jerawat ini semakin terlihat jelas seiring bertambahnya usia. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan treatment seperti laser atau facial filler.

4. Hypertrophic

Sumber : jornal.sociolla.com

Kalau kamu mempunyai bekas jerawat yang berubah warna menjadi gelap dan terlihat seperti benjolan. Ini adalah ciri-ciri bekas jerawat hypertrophic scar. Benjolan pada bekas jerawat ini terbentuk saat tubuh tidak sengaja memproduksi terlalu banyak sel saat sedang memperbaiki sel kulit yang rusak. Cara untuk menghilangkan bekasnya yaitu dengan menggunakan produk retinol topical dan laser treatment.

5. Dark Spots

Sumber : journal.sociolla.com

Bekas jerawat yang satu ini cukup sering dialami oleh banyak orang. Bentuknya berbintik merah muda bahkan kecokelatan yang disebabkan oleh sel-sel yang memproduksi pigmen melanin mulai berkembang biak di lokasi bekas jerawat tersebut. Nggak usah khawatir, kamu bisa menghilangkannya dengan produk yang mengandung hydroquinone dan alpha hydroxy acid.

6. Hyperpigmentation

Sumber : cosmopolitan.co.id

Bekas jerawat ini tidak menimbulkan luka, namun dapat berpengaruh ke perubahan warna kulit. Kalau kamu ingin mengatasi bekas jerawat ini, yaitu harus rutin menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas.

Nggak khawatir lagi kan dengan bekas jerawat?

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
0
KAGET
2
SEDIH
3
TAKUT
1
LUCU
2
SENANG
4
SUKA
7
TERINSPIRASI
5
Komentar
0