LOOP
TECHNO & GAMES

Ini Dia 7 Cara Edit Foto buat Pemula, Simpel dan Antiribet Banget!

Bingung cara edit foto? Buat yang masih awam, ikuti dulu yuk langkah-langkah dasarnya disini!

Bayu Bahrul | 04 September 2020

Mengabadikan momen dalam bentuk foto sudah jadi hal yang umum dilakukan orang-orang zaman sekarang. Ya, memotret memang mengasyikkan, tapi mengedit foto juga nggak kalah serunya.

Biasanya, jika belum puas dengan hasil foto yang didapat, kita selalu menyempatkan diri untuk mengedit foto supaya lebih enak dipandang saat dipajang di media sosial. Tapi editing yang kurang baik malah bisa memperburuk tampilan foto lhoSupaya hasil editan kamu terlihat lebih menarik, coba kamu simak 7 cara edit foto berikut ini. Ketujuh cara berikut bisa kamu lakukan di berbagai macam aplikasi photo editor di smartphone. Jadi kamu nggak perlu repot-repot buka Photoshop.

BACA JUGA: Belum RIlis di Indonesia, Ini Dia Bocoran Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7

1.  Meluruskan Objek dalam Foto

Sumber: the-photography-blogger.com

Foto yang objek utamanya terlihat miring tentu kurang sedap dipandang. Supaya lebih simetris, Loopers bisa menggunakan fitur rotate (putar) pada aplikasi editor di smartphone. Caranya gampang, kamu tinggal memutar foto sampai objek utama nampak selaras dengan garis horizon yang tersedia di aplikasi.

2. Memotong Foto

Sumber: breathingcolor.com

Biasanya, ketika memotret dari kejauhan, ada saja objek tak perlu yang tertangkap kamera. Loopers bisa mengakalinya dengan fitur crop di aplikasi edit foto. Fitur ini memungkinkanmu memotong bagian foto yang ingin kamu tonjolkan dan membuang bagian yang mengganggu pemandangan.

3. Mengatur Kontras dan Pencahayaan (Contrast & Brightness)

Sumber: edu.gfcglobal.org

Ini dia aspek dasar yang mesti kamu perhatikan saat mengedit foto. Mengatur pencahayaan saat memotret tidaklah mudah, kadang hal tersebut ditentukan oleh faktor eksternal seperti cahaya matahari, lampu, dan sebagainya. Nggak jarang banyak fotografer mengeluh hasil fotonya terlalu gelap atau sebaliknya.

Nahsaat mengatur kontras dan pencahayaan, mata kamu harus jeli agar pengaturannya sesuai porsi. Fotomu pun akan terlihat semakin menarik.

4. Mengatur Warna

Sumber: adorama.com

Jika kamu ingin mengedit warna pada foto, coba gunakan fitur saturation, warmth, dan color balance. Ketiga fitur tersebut bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Misalnya kalau ingin warna foto terlihat lebih tegas atau kelam, kamu bisa mengaturnya di saturation. Atau jika ingin mengubah tone jadi kuning atau kebiruan, kamu bisa mengaturnya di fitur warmth.

5. Menghapus Objek yang Mengganggu

Sumber: youtube.com

Aplikasi edit foto seperti Snapseed memiliki fitur healing yang memungkinkanmu menghapus objek yang mengganggu pemandangan. Caranya yakni dengan menggunakan tombol brush lalu usap objek yang ingin dihilangkan.

6. Shadow dan Highlight

Sumber: picturecorrect.com

Jika pencahayaan yang telah kamu atur belum memuaskan, coba gunakan kedua fitur ini. Shadow memungkinkanmu mengatur ketegasan bayangan di dalam foto. Biasanya pengaturan shadow sangat berguna untuk foto bertema bayangan atau siluet. Sementara highlight berguna untuk menyaring pencahayaan di bagian tertentu saja.

BACA JUGA: Rekomendasi 7 HP Gaming Murah Kisaran Rp1-3 Juta, Yuk Dipilih!

7.  Menambahkan Elemen pada Foto

Sumber: pinterest.com

Aplikasi edit foto saat ini cukup canggih. Beberapa di antaranya memungkinkan pengguna menambahkan elemen yang sebelumnya tak ada di foto. Gugusan bintang dan matahari terbenam jadi elemen tambahan yang sering digunakanBeda aplikasi tentu beda fitur elemen tambahannya. Jika pengin hasil karyamu terlihat natural, fitur ini nggak perlu kamu gunakan.

Gimana, apa ketujuh cara mengedit foto di atas cukup membantu? Mengedit foto itu menyenangkan lho, Loopers. Tapi, kalau hasilnya berlebihan atau kurang bagus, foto kamu akan terlihat kurang menarik. Sebisa mungkin edit fotomu sesuai porsinya, agar nampak lebih natural.

Semoga ketujuh tips di atas bermanfaat! Tapi sebelum mulai praktik, yuk aktifkan dulu paket data Loop supaya internetannya makin lancar!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
9
KAGET
15
SEDIH
18
TAKUT
14
LUCU
14
SENANG
28
SUKA
33
TERINSPIRASI
34
Komentar
4
Avatar
Admin
24 October 2020
Amanda putra
Img 20181011 150057
Amanda Putri Indriani
21 January 2019
Sip, mantap banget
Profile friends default
anonymous
20 January 2019
Minta paket gratis
Download
Riaddryl Sya'fa
20 January 2019
Sepi juga