LOOP
TECHNO & GAMES

5 Tips Cerdas Menjaga Baterai Laptop Awet dan Panjang Umur

Untuk menjaga baterai laptop sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, Loopers.

Master Admin | 05 May 2020

Laptop seakan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan lagi dari manusia. Apalagi zaman semakin maju, sehingga kebutuhan teknologi juga semakin meningkat. Kebutuhan laptop sekarang juga makin tinggi hingga peminatnya pun kian meningkat.

Saat membeli laptop hal yang perlu Loopers perhatikan adalah daya tahan baterai laptop. Dengan daya tahan baterai yang lama maka performa laptop juga akan lebih lama. Sayangnya, meski sudah memiliki daya baterai yang lama ternyata ada saja laptop yang mudah rusak baterainya.

Hal ini biasanya disebabkan karena cara mengisi daya laptop yang salah atau menggunakan charger yang tak asli sehingga membuat baterai cepat rusak. Rawat juga laptop dengan baik dan seringlah untuk membersihkan laptop milikmu agar baterai dan laptop tidak cepat rusak.

Untuk menjaga baterai laptop sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, Loopers.

Gunakan Charger Original

Sumber: tigabahasan.com
Gunakan charger yang original atau bawaan dari pabrik saat mengisi daya laptopmu. Penggunaan charger yang tak asli bisa menyebabkan arus yang tidak stabil dan membuat baterai jadi cepat rusak. Setiap charger memiliki besar arus yang berbeda-beda, karena itu jangan sekali-kali kamu mencoba memakai charger lain kalau tidak mau baterai laptopmu cepat rusak.

Cabut Charger Kalau Daya Sudah 100%

Sumber: gujarattelevision.com
Segera cabut charger laptop saat daya baterai sudah mencapai 100%. Kalau sudah terisi penuh tapi kamu diamkan malah akan membuat umur baterai semakin pendek. Dengan arus listrik yang terus mengalir sedangkan baterai laptop sudah penuh, hal ini menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada di dalam laptop tersebut.

Jangan meninggalkan laptop dalam keadaan sedang mengisi daya saat kamu akan tidur atau bepergian. Perhatikan betul pengisian daya agar terhindar dari kerusakan.

Jangan Menunggu Hingga 0% Sebelum Mengisi Daya

Sumber: adatipsnya.com
Terkadang karena keasyikan nge-game atau nonton film sampai akhirnya tidak sadar kalau baterai laptopmu sudah habis hingga akhirnya mati. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang seringkali menjadi penyebab umur baterai laptop menjadi pendek.

Hindari mengisi daya laptop setelah baterai 0% agar baterai tidak cepat habis dan rusak. Akan lebih baik kalau mengisi daya setelah baterai laptop mencapai 20% untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Pakai Mode Power Saver

Sumber: zdnet.com
Sebagian besar laptop sudah diatur secara default dengan mode balance. Sebaiknya kamu ubah mode ini dengan mode power saver. Dengan menggunakan mode power saver akan membuat umur baterai laptopmu semakin panjang dan membuatnya penggunaan daya menjadi lebih hemat.

Kamu dapat mengubah pengaturan mode ini di bagian panel control atau klik icon baterai pada sebelah kanan bawah layar, lalu tinggal klik atau pilih mode power saver. Fitur power saver ini sudah ada di setiap laptop, jadi kamu tidak perlu bingung mencarinya.

Hapus atau Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Dipakai

Sumber: keepo.me
Selain dari cara mengisi daya, perlu juga diperhatikan kalau terlalu banyak aplikasi juga bisa membuat umur baterai menurun. Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak hanya akan membebani laptopmu dan membuatnya jadi cepat rusak. Gunakan saja aplikasi yang sekiranya kamu butuhkan dan hapus aplikasi yang sudah tak kamu perlukan lagi. Dengan begitu kinerja laptop tidak berat dan menjadi lebih awet.

Nah Loopers, baterai merupakan komponen utama pada sebuah laptop. So, kalau baterai tidak kamu rawat dengan baik, maka baterai laptop tidak tahan lama dan akan cepat rusak. Perhatikan keadaan baterai laptop dan rawat dengan sebaik mungkin agar berumur panjang.

Jangan lupa aktifkan terus paket data Loop kamu, soalnya ada kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan cashback pulsa setiap harinya lho! Jangan sampai gak kebagian ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
5
KAGET
7
SEDIH
8
TAKUT
7
LUCU
6
SENANG
9
SUKA
13
TERINSPIRASI
11
Komentar
3
Avatar
Admin
09 May 2020
sangat cocok untuk menghemat baterai
Avatar
Admin
08 May 2020
sangat membantu..
Download
Riaddryl Sya'fa
21 May 2019
Sepi