LOOP

ENTERTAINMENT

Diminta Lip Sync, 5 Band Ini Justru Mempermalukan Acara Musik di Televisi

Ketika band anti lip sync terpaksa lip sync di atas panggung, pemberontakanlah yang terjadi

Bayu Bahrul | 28 December 2020

Kan tahu kan apa yang dimaksud lip sync? Itu lho, teknik menyelaraskan gerakan mulut dengan rekaman vokal di saat konser. Yup, lip sync sudah jadi hal yang lumrah dilakukan penyanyi solo, grup, ataupun vokalis band. Biasanya lip sync dilakukan atas permintaan produser televisi pada penyanyi atau band yang akan tampil.

Tapi apa kamu tahu, ternyata nggak semua musisi rela disuruh lip sync di depan para fans-nya. Bahkan pernah ada sejumlah band terkenal yang justru mempermalukan acara televisi saat dipaksa “berpura-pura” di atas panggung. Misalnya seperti yang dilakukan lima band berikut ini.

1. Iron Maiden

Terpaksa berpura-pura membawakan lagu Wasted Years, para personel Iron Maiden melakukan hal yang konyol di atas panggung. Dengan sengaja, para personel Iron Maiden saling bertukar alat musik; bassis jadi gitaris, terus jadi drummer, begitu juga personel lainnya. Bahkan sang vokalis Bruce Dickinson sengaja menjauhkan mikrofon buat nunjukkin kalau dia sedang lip sync.

2. Oasis

Di video ini Liam (vokalis) dan Noel (gitaris) bertukar posisi saat membawakan lagu Roll With It. Kamu bisa lihat Noel menyamar jadi Liam dengan mengenakan kacamata (aksesori ciri khas Liam) sambil bernyanyi. Eh, maksudnya lip sync.

3. Muse

Hal yang serupa dilakukan Muse di acara televisi Italia. Saat manggung di acara tersebut, Muse malah bikin lip sync yang mereka lakukan tampak semakin jelas. Matt Bellamy (vokalis) bertukar posisi dengan dummer Dominic Howard. Dan sang drummer pun mendadak jadi vokalis, tapi dengan suara Bellamy.

4. Nirvana

Kurt Cobain pun sempat memberontak saat Nirvana mesti manggung pakai rekaman di Top of the Pops di tahun 1991. Membawakan lagu Smells Like Teen Spirit, Nirvana diminta tampil menggunakan rekaman instrumen, kecuali vokal. Menanggapi kekonyolan tersebut, Cobain sengaja bernyanyi dengan nada rendah dan berpura-pura main gitar. Sementara personel lainnya sama sekali nggak nongol di atas panggung.

5. Red Hot Chili Peppers

Panitia panggung Superbowl 2014 hanya punya beberapa menit untuk mempersiapkan sound system dan peralatan musik. Guna mencegah yang tak diinginkan terjadi saat RHCP tampil, penyelenggara terpaksa memutar rekaman lagu Give It Away tanpa vokal. Anthony Kiedis memang nggak perlu lip sync di lagu ini, tapi rekan-rekannya terpaksa harus berpura-pura bermain instrumen.

Lucunya, kepura-puraan tersebut dibongkar oleh mereka sendiri. Pada video di atas kamu bisa lihat aksi Flea (bassis) dan John Frusciante (gitaris).lompat-lompat nggak karuan sambil mainin gitar dan bass yang kabelnya sengaja dicopot.

Hal yang menarik yaitu aksi nekat kelima band di atas seolah menunjukkan eksitensi mereka sebagai musisi sejati, bukan kaleng-kaleng. Benar nggak? Kalau kamu punya band, apa bersedia jika diminta lip sync di atas panggung?

Yuk, aktifkan paket data Ilmupedia supaya belajar online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Hanya mulai dari Rp2300 aja, kamu udah bisa mengakses 10 aplikasi edutech populer (Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, dll) dan banyak situs e-Learning lainnya. Aktifkan paket data Ilmupediamu di link ini ya!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
5
KAGET
12
SEDIH
5
TAKUT
6
LUCU
9
SENANG
17
SUKA
28
TERINSPIRASI
16
Komentar
6
Avatar
Admin
16 August 2021
biasa aja
20210227 071742
Muh marlin
01 March 2021
Aku mau pulsa data gratis don
Avatar
Admin
26 February 2021
pulsa gratis bos
Avatar
Admin
18 February 2021
paket dong
Avatar
Admin
12 February 2021
mintak pulsa gratis nya kak
Avatar
Admin
07 February 2021
ya