LOOP
ENTERTAINMENT

Nggak Nyangka, 7 Artis Korea Selatan Ini Ternyata Populer Juga di Korea Utara lho!

Ngga cuma terkenal di negaranya sendiri, artis Korea Selatan ini juga populer di Korea Utara lho!

Rahelia Peni Lestari | 24 November 2020

Korea Utara memang terkenal sebagai negara yang menutup rapat informasi dari dunia luar. Mulai dari siaran televisi, saluran radio dan telepon, sampai internet semuanya diawasi ketat oleh pemerintah pusat.

Tetapi rupanya negara ini tetap memiliki celah tersendiri lho untuk menyerap budaya dan seni dari negara lain. Lebih spesifiknya, dari negara saudaranya sendiri, Korea Selatan. Mau tahu siapa saja artis Korea Selatan yang Populer di Korea Utara? Ini dia daftarnya.

1. EXO


Sumber: cosmopolitan.co.id

Dilansir dari laman kpopline.com, rupa-rupanya grup musik yang berisikan selebriti asal Korsel dan Cina ini adalah grup yang paling populer di kalangan warga Korea Utara. Lagu Growl mereka bahkan sering dipakai oleh muda-mudi Korut saat nembak gebetannya.

Di tahun 2018, ada juga orang Korea Utara yang nge-tweet tentang EXO. EXO menerima jumlah voting sebanya 5,056 suara. Bahkan di Korea Utara, grup EXO tetap paling favorit. Keren ya!?

2. INFINITE


Sumber: hype.my

Choi Jaewon, direksi dari situs peramban Korea bernama Daum, pernah mengadakan survey mengenai kepopuleran grup musik Korea Selatan di Korea Utara. Pada survey itu, sebanyak lima grup disebutkan dalam hasilnya. Grup musik kedua yang terpilih sebagai grup paling populer di Korea Utara adalah INFINITE. Grup band ini menerima jumlah voting sebanyak 1,954 suara.

3. G-Dragon


Sumber: seoulsearchingdotnet.files.wordpress.com

Pentolan grup BIGBANG ini juga cukup terkenal di Korea Utara. Selain karena gayanya yang cool, musik-musiknya juga banyak digemari oleh para penduduk dari kalangan elite maupun rakyat biasa. Terdapat banyak orang di sana memiliki selundupan usb drive yang berisi album G-Dragon.

4. Girls’ Generation


Sumber: i.pinimg.com

Grup musik yang terdiri dari 7 orang gadis cantik ini juga nggak kalah populer di Korea Utara. Rupanya, lagu-lagu dan video klip mereka juga banyak ditonton oleh warga Korea Utara secara sembunyi-sembunyi. Banyak dari mereka bahkan belajar lirik dan koreografinya. Mereka menerima 1.833 suara dalam voting yang dibuat oleh direksi dari perusahaan Daum.

5. PSY


Sumber: img.jakpost.net

PSY sempat mengguncang dunia pada tahun 2012-an dengan video klipnya Gangnam Style. Rupanya, bahkan Korea Utara pun terkena imbas getaran dari fenomena yang sempat menyapu masyarakat dari kalangan bawah hingga para elite Hollywood ini.

Meskipun berita menyebutkan bahwa Rakyat Korea Utara menolak pengundangan PSY ke negaranya untuk konser pertukaran budaya, kepopulerannya tetaplah bersinar. PSY menerima sebanyak 651 suara dalam survey.

6. Red Velvet


Sumber: dazedimg-dazedgroup.netdna-ssl.com

Red Velvet juga termasuk grup musik yang sangat digilai orang-orang Korea Utara. Pada acara pertukaran budaya di Pyongyang, grup musik yang terdiri dari 5 anggota ini mendapatkan sambutan yang sangat meriah. Diberitakan, bahkan penonton melambaikan tangan sesuai musik dan ikut bernyanyi bersama mereka.

7. MAMAMOO


Sumber: studybreaks.com

Grup band perempuan yang terdiri dari 4 orang ini juga adalah salah satu dari lima artis Korea Selatan yang tercatat paling populer melalui survey Daum yang disiarkan pada siaran radio CBS. MAMAMOO menerima 281 suara dalam voting tersebut.

Nah itulah 7 artis Korea Selatan yang terkenal di Korea Utara. Kita patut acungi jempol pada mereka ini ya. Meskipun menonton dan menikmati musik mereka bisa mendapatkan hukuman yang berat, rupanya nggak mengentikan hasrat para penikmat musik untuk mendengarkan karya mereka. Kamu juga suka karya mereka kan? Yuk nonton video-video mereka menggunakan paket data dari Loop!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
11
KAGET
10
SEDIH
9
TAKUT
7
LUCU
12
SENANG
18
SUKA
26
TERINSPIRASI
13
Komentar
0