LOOP
TECHNO & GAMES

Apa Itu 5G? Mengenal Generasi Jaringan Nirkabel Masa Depan

Kabarnya, koneksi 5G memiliki kecepatan puluhan gigabyte per detik. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut tentang apa itu 5G.

Bayu Bahrul | 11 May 2020

Belakangan tersiar kabar bahwa pemerintah Amerika Serikat memblokir hubungan dagang dengan perusahaan smartphone Huawei asal Tiongkok. Alasannya, Huawei disinyalir ingin menguasai pasar Amerika dengan teknologi jaringan 5G-nya. Konflik tersebut berbuntut putusnya kerjasama Huawei dengan Google yang mengakibatkan pemblokiran aplikasi milik Google di ponsel Huawei.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Terbaik di Android Ini Bikin Belajar Matematika Lebih Mudah

Loopers yang sempat menyimak kabar tersebut pasti penasaran, apa sih yang dimaksud dengan jaringan 5G? Apa keunggulannya jika dibandingkan dengan teknologi 4G LTE yang sekarang kita gunakan? Duduk manis sambil baca artikel ini, sebab sebentar lagi kamu bakal tahu jawabannya.

Nama “5G” memiliki makna “5th Generation” alias generasi ke-5 jaringan nirkabel yang dikembangkan para ilmuwan. Konon katanya, 5G bukanlah sekadar alat penghubung, melainkan sekelompok teknologi jaringan yang berpotensi “menghubungkan segalanya”. Itu semua berkat kemampuan koneksi cepat 20 Gigabyte per detik. Angka yang jauh melebihi kemampuan 4G yang sekarang banyak digunakan masyarakat dunia.

Menariknya, kecepatan tinggi koneksi 5G nggak hanya berguna untuk keperluan internetan. Dengan kecepatan tersebut, 5G bisa menghubungkan alat-alat canggih seperti mobil otomatis, robot-robot industri, sampai barang elektronik rumahan (sumber). Kecepatan tersebut didukung kemampuan bekerja pada frekuensi yang sama dengan 4G dan wi-fi. Saluran 5G tergolong lebih luas dengan sistem pengkodean yang lebih efisien dibanding 4G sehingga kecepatan koneksi meningkat 25-50 persen. Diduga, 5G pun dibekali kemampuan melaju di frekuensi gelombang militer.

Sumber: engineering.com

Tak hanya itu, koneksi 5G dapat berjalan di banyak piranti yang terhubung berkat teknologi yang disebut multiple input, multiple output (MIMO). Teknologi ini memanfaatkan ratusan antenna yang bekerja secara paralel guna meningkatkan kecepatan sekaligus menurunkan jeda pengiriman data (latency). Sebagai perbandingan, jaringan 4G punya jeda 30 milidetik saat transfer data, sementara 5G hanya satu milidetik saja.

Di samping kelebihannya, koneksi 5G ternyata memiliki sejumlah titik lemah yang belakangan telah terdeteksi oleh para peneliti Eropa. Kemampuannya menghubungkan berbagai alat hadir dengan risiko keamanan yang belum terjamin. Bekerja pada frekuensi 4G dan 3G membuat tingkat keamanan 5G tak berbeda jauh dengan jaringan yang lebih tua, alias mudah diretas. Kelemahan tersebut bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk meretas berbagai alat yang terhubung via 5G.

BACA JUGA: 7 Layanan Analisis Keyword yang Sering Dipakai untuk Membuat Konten Trending di YouTube

Untuk saat ini, jaringan 5G masih terus dikembangkan dan belum bisa digunakan secara luas. Alasannya seperti yang sudah disebutkan di atas. Tapi, jika kelak 5G sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih baik, nggak menutup kemungkinan kita bisa menggunakannya di kehidupan sehari-hari. Jangan lupa share dan tulis komentarmu di kolom bawah ya!

Pengin dapet koneksi internet super cepat dengan harga terjangkau? Aktifkan dulu paket data Loop kamu di sini!

Bagaimana perasaan kamu tentang artikel ini?
MARAH!
9
KAGET
17
SEDIH
21
TAKUT
16
LUCU
21
SENANG
36
SUKA
61
TERINSPIRASI
33
Komentar
4
Avatar
Admin
01 July 2020
kita butuh asasin
Avatar
Admin
01 June 2020
kita buruh tank
Avatar
Admin
19 May 2020
kita membutuhkan marksman
Avatar
Admin
15 May 2020
mmm